Cetak Kader Berpotensi, PDA Batang Gelar Beragam Perlombaan

Batang – Menjelang Gebyar Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah Ke-48, di Surakarta, 18-20 November 2022, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Batang menggelar beragam perlombaan untuk memeriahkan agenda tersebut.

Perlombaan yang digelar yakni paduan suara 11 perwakilan, pembawa acara 14 perwakilan dan menghias tumpeng 15 perwakilan.

Wakil Ketua II PDA Batang, sekaligus ketua panitia, Hj Kaefiyah mengatakan, perlombaan tersebut tidak hanya sekadar memeriah Gebyar Muktamar, namun diharapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari cabang-cabang lain akan bermunculan dengan potensi yang dimiliki.

“Untuk lomba pembawa acara dimenangkan oleh Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Tersono, paduan suara dimenangkan oleh PCA Batang dan lomba menghias tumpeng dimenangkan oleh PCA Wonotunggal,” katanya, saat ditemui usai penyerahan piala kepada para pemenang, di Gedung Serbaguna Aisyiyah, Kauman, Kabupaten Batang, Minggu (25/9).

Ia mengharapkan, ke depan dibidang masing-masing akan tumbuh generasi penerus yang mengembangkan potensi terpendam.

“Dibidang kuliner semoga bisa mengangkat perekonomian para anggota dan khusus pembawa acara supaya muncul generasi penerus yang mumpuni,” harapnya.

Juara 1 lomba pembawa acara, Ima Fitriani dari PCA Tersono tidak menyangka menjuarai lomba tersebut.

“Tadi sempat grogi juga, karena baru pertama kali ikut lomba. Walaupun sudah sering menjadi pembawa acara di pengajian,” katanya.

Ia mengapresiasi semangat anggota Aisyiyah untuk menjadi pembawa acara.

Juara 1 lomba menghias tumpeng, Sri Komah dari PCA Banyuputih membeberkan keunikan tumpeng kreasinya.

“Tumpengnya menyesuaikan Muktamar Muhammadiyah. Saya hias pakai bunga telang setelah diolah, jadi warna biru alami lalu diwarnakan pada nasi tumpengnya lengkap sama ayam ingkung, urap, lalap dan lainnya,” terang perempuan yang juga berprofesi sebagai pebisnis fesyen secara online.

Ia mengharapkan, kaum ibu cermat memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami sayuran.

“Tidak perlu beli, sehingga menghemat pengeluaran,” ungkapnya.

Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Batang, Agus Nugroho menyampaikan seluruh aktivitas yang dilakukan tentunya harus ada manfaatnya.

“Contohnya lomba ini untuk menyemarakkan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah Ke-48,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PDA Batang, Hj Umalicha menerangkan, dengan berpartisipasi dalam perlombaan, kaum ibu bersemangat menyongsong Gebyar Muktamar di Surakarta.

“Bagi mereka yang bersuara merdu bisa dikembangkan dengan lomba paduan suara. Bagi pemenang lomba pembawa acara, ke depan bisa berkiprah saat ada event-event tertentu,” ujar dia.

Demikian pula bagi pemenang lomba menghias tumpeng, nantinya bisa dikembangkan lagi apabila ada yang ingin membuka katering menu sehat.