Pj Ketua TP PPK Kabupaten OKU Terima Kunjungan FKPI Sumsel

Baturaja - Penjabat Ketua TP PPK Kabupaten OKU menerima Forum Kader Posyandu Indonesia (FKPI) Provinsi Sumatera Selatan, di Ruang Bina Praja Pemkab OKU, Sabtu (24/9).

Tim teknis kegiatan program FKPI Sumsel M.Misnantoro menyampaikan, FKPI Sumsel secara resmi berdiri pada tahun 2018 dilantik oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Namun, ujarnya, kegiatan FKPI Sumsel sendiri sudah berjalan sejak tahun 2006.

Ia menjelaskan, salah satu program adalah Kartu Amal Kehidupan (KAK) merupakan suatu sistem untuk menjembatani seluruh lapisan masyarakat agar peduli kepada masyarakat pra sejahtera melalui posyandu sekitar dikelola oleh seluruh kader posyandu dan digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pra sejahtera dan mengedapankan laporan transparan serta dapat dipertanggungjawabkan.

"Tujuan dan manfaat dari KAK adalah untuk menambah dana kegiatan Posyandu, sehingga Posyandu lebih mandiri dan memiliki kegiatan yang lebih luas. Selain itu, memberikan makanan yang sehat secara intens kepada Balita, ibu hamil, Lansia di Posyandu, termasuk di dalamnya mengatasi stunting," urainya.

Dalam menghimpun dana untuk posyandu ini FKPI tidak berpikir seberapa banyak dana yang diberikan oleh masyarakat namun kita mengajak seberapa banyak masyarakat itu ikut perhatian terhadap posyandu di Desa masing-masing, sebab posyandu ini milik desa, maka setiap masyarakat desa setempat ikut bertanggung jawab terhadap keberlangsungan posyandu mereka sendiri.

Sementara itu, Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten OKU Zwesty Karenia Teddy mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada FKPI Sumsel dalam kunjungannya di Bumi Sebimbing Sekundang.

"Pemkab OKU mengharapkan bantuan FKPI Sumsel dapat memberikan ilmu dan pengalaman kepada Pemkab OKU. Semoga ke depannya Kabupaten OKU yang sudah baik akan menjadi lebih baik lagi dengan adanya program-program dari FKPI," ujarnya.

Zwesty Karenia Teddy sangat berharap kita bisa menelaah, memahami, mengkaji, dan menjalankan gagasan-gagasan yang telah disampaikan oleh FKPI.

Dirinya juga mengajak kepada OPD terkait, TP PKK kecamatan dan desa agar mendukung kegiatan FKPI dalam menggerakkan posyandu di wilayah masing-masing.