Wawali Solo Buka Solo Great Sale 2022

Solo - Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa membuka secara resmi Solo Great Sale (SGS) 2022 di depan Rumah Dinas Wali Kota Loji Gandrung pada saat pelaksanaan Car Free Day, Minggu (25/9).

Tahun ini, SGS dimulai pada Minggu (25/9) dan akan berakhir pada 30 Oktober mendatang. Event ini diharapkan mampu meningkatkan transaksi jual beli serta mendatangkan lebih banyak kunjungan di Solo.

“SGS ini menjadi event rutin Kota Solo. Kita harap SGS pendorong ekonomi agar bangkit lebih cepat. Kami juga berharap event ini menjadi wisata belanja yang sangat ditunggu masyarakat,” ungkap Teguh.

Sementara itu, Ketua Panitia SGS 2022 M. Farid Sunarto menyatakan bahwa panitia memilih menggelar SGS 2022 tahun ini pada bulan Oktober yang merupakan masa low season.

“Tahun ini digelar pada masa low season, saat kegiatan ekonomi sedang rendah, termasuk di restoran dan hotel. Dibandingkan bulan sebelum dan setelahnya, transaksi di Oktober sangat rendah,” ungkap Farid.

“Harapannya, event ini dapat meningkatkan okupansi hotel di Solo dan sekitarnya di kisaran 15%-20%. Diharapkan juga bisa mendongkrak okupansi hotel hingga di atas 70%,” tambah Farid.

Berhadiah Mobil dan Rumah

Sebagai penambah daya tarik dan minat beli masyarakat, panitia SGS 2022 telah menyiapkan beragam hadiah yang sangat signifikan antara lain berupa satu unit rumah, satu unit mobil, lima sepeda motor, dan sepuluh sepeda gunung.

Ketua Kadin Kota Solo Gareng S. Haryanto yang juga termasuk panitia menyatakan baik untuk tenant maupun konsumen yang bertransaksi minimal senilai Rp50 ribu akan mendapatkan satu poin untuk mengikuti undian hadiah.

“Panitia memastikan semua konsumen yang berbelanja produk atau memanfaatkan layanan jasa dengan transaksi minimal Rp50 ribu memiliki kesempatan yang sama untuk bisa meraih hadiah berupa rumah atau mobil,” tegas Gareng.

"Jadi misalnya beli mobil seharga Rp1 miliar dengan yang beli cabai Rp100 ribu, bisa dihitung jumlah poin yang akan didapat. Dan berkesempatan yang sama untuk dapat mobil," tambah Gareng.

Untuk memudahkan transaksi, panitia juga telah menyiapkan Aplikasi SGS Go untuk mendukung transaksi tenant-tenant SGS secara lengkap.

Kemudahan ini mulai dari memilih tenant, memilih produk, hingga pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS.

Selain dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Solo Ahyani, pembukaan SGS 2022 juga dihadiri Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) Eddy Satria, dan Asisten Ekonomi Pembangunan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Peni Rahayu.

Pembukaan SGS 2022 juga dimeriahkan tarian keprajuritan, karnaval kontingen tenant SGS dan ansambel musik. Ratusan tenant SGS 2022 berjalan dari Solo Grand Mall (SGM) menuju Loji Gandrung.

Mereka mengenakan kostum ikonik sesuai tema yang mereka usung. Sementara para pengunjung CFD beramai-ramai memenuhi Jl Slamet Riyadi untuk menyaksikan karnaval.