Gelar Audit, Plt Bupati Pemalang Ingin Percepatan Penurunan Angka Stunting

Pemalang - Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinsos KBPP melaksanakan Audit Kasus Stunting. Kegiatan dibuka oleh Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat di salah satu hotel Kabupaten Pemalang pada Rabu (28/9).

Menurut Mansur, tujuan dilakukannya Audit Kasus Stunting untuk mengidentifikasi dan mengetahui penyebab risiko stunting, kemudian dari hasil identifikasi dilakukan analisis guna memberikan rekomendasi sebagai upaya pencegahan yang harus dilakukan.

"Hasil Audit Kasus Stunting yang telah dirumuskan oleh Tim setelah melaksanakan kunjungan lapangan pada sasaran kasus stunting, untuk secara serius ditindaklanjuti oleh pemangku kepentingan secara kolaboratif dan terukur dalam rangka penurunan angka stunting di Kabupaten Pemalang," lanjut Mansur.

Mansur menambahkan, dibutuhkan koordinasi dan komitmen yang kuat dari berbagai pihak, baik dari bidang kesehatan, pangan dan gizi serta lingkungan yang memadai yaitu sanitasi, jamban keluarga dan ketersediaan air bersih serta pola asuh balita.

"Pelaksanaan Diseminasi Audit Kasus Stunting telah terjadwal dua kali dalam setahun, perlu diintegrasikan dalam dokumen perencanaan organisasi perangkat daerah sebagai bentuk intervensi percepatan penurunan stunting, " tambah Mansur

Kemudian, Plt Kepala Dinas Sosial KBPP, Agus Wibowo menjelaskan bahwa kegiatan Audit Kasus Stunting menggunakan sampling lima Desa pada empat Kecamatan guna mengetahui risiko‐risiko potensial penyebab terjadinya stunting.

Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu hotel tersebut dihadiri oleh 40 peserta yang terdiri dari para tim pakar, teknis, sejumlah camat dan kades sampling dan sejumlah pejabat terkait.