Hari Rabies Sedunia, Ratusan Pecinta Kucing Serbu Vaksinasi Gratis di Batang

Batang - Memperingati Hari Rabies Sedunia, Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (Dislutkanak) Batang memberikan vaksinasi rabies secara gratis di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kabupaten Batang, Kamis (29/9).

Vaksinasi rabies hewan secara cuma-cuma ini langsung diserbu warga. Tak sedikit warga yang membawa peliharaannya lebih dari satu ekor kucing untuk diberikan dosis vaksin rabies.

Salah satu pecinta kucing Nata, Desa Sambong membawa 5 ekor kucing miliknya. Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu untuk mengantisipasi penularan penyakit rabies terhadap manusia dari hewan peliharaan.

“Ini sangat membantu sekali. Apalagi vaksin ini gratis tidak mengeluarkan biaya untuk menjaga kesehatan kucing,” jelasnya.

Dirinya mengatakan, saat ini memelihara lebih dari 10 ekor kucing di rumah, kalau dihitung biaya perawatan kesehatan sangatlah mahal. Untungnya ada program dari Pemerintah Kabupaten Batang suntik rabies gratis setiap tahunnya, jadi rutin untuk datang ke Puskeswan.

“Bisa dilihat jika kita ingin vaksin rabies secara mandiri satu ekor kucing bisa terkena biaya Rp100.000 kadang lebih,” ungkapnya.

Dengan adanya vaksin ini, hewan peliharaan kita aman. Jadi kalau sudah divaksin bisa menangkal virus.

Sementara itu, dokter hewan Dislutkanak Batang, Drh Laorizia FD mengatakan bahwa pihaknya mengalokasikan sebanyak 100 dosis vaksin rabies. Vaksin digelar bertujuan untuk menghindarkan rabies yang dapat menular kepada manusia.

“Kegiatan vaksin rabies dilakukan hanya dua hari saja pada 29 dan 30 September 2022 yang dalam rangka memperingati hari rabies sedunia,” terangnya.

Para pecinta hewan peliharaan kucing maupun anjing diperbolehkan membawa peliharaannya lebih dari satu. Karena memang kita belum ada pembatasan mengenai maksimal hewan bawaan yang boleh di vaksin.

“Kabupaten Batang sendiri termasuk daerah yang bebas dari rabies, namun begitu kita tetap perlu waspada dengan melakukan pencegahan salah satunya memberikan vaksin rabies secara gratis,” tegasnya.

Adapun persyaratan untuk mendapatkan vaksin rabies gratis adalah pemilik hewan harus merupakan warga Batang. Kemudian, usia hewan minimal lima bulan dengan kondisi sehat, tidak flu atau diare, tidak demam, tidak malnutrisi atau kurus, dan tidak dalam masa pemulihan penyakit.

“Tak melihat itu saja kita juga akan memeriksa kembali sebagai pertimbangan jika ada yang terlewatkan dengan kondisi kucing dan setelah melakukan pemeriksaan jika benar dalam kondisi sehat kucing dapat diberikan vaksin rabies,” ujar dia.