Dandim Batang Dorong Pemanfaatan Pekarangan untuk Ketahanan Pangan

Batang - Kodim 0736/Batang terus berkomitmen melakukan berbagai upaya dan terobosan guna menjaga ketahanan pangan.

TNI berkaborasi bersama Polri, Pemerintah Daerah, pelaku usaha, maupun masyarakat umum untuk menjaga ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan atau pekarangan rumah, yang ditanami sayuran.

Dandim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan tokoh pemuda Aji Nugroho, meminta agar mengoptimalkan pemanfaatan lahan di Desa Reban, Kecamatan Reban Kabupaten Batang, Rabu (28/9).

Dandim Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman menyampaikan, melalui Komsos ini diharapkan akan terjalin kerjasama yang baik antara pemerintah daerah, para pelaku usaha dan masyarakat khususnya di bidang ketahanan pangan.

“Kami selalu berharap adanya upaya dari berbagai kelompok, komunitas, organisasi yang peduli terhadap ketahanan pangan sebagai bentuk langkah awal mengatasi inflasi,” jelasnya.

"Kita ajak warga, dengan cara mendatangi secara langsung agar bisa memanfaatkan potensi lokal yang ada di daerah pedesaan, serta memberikan motivasi bagi petani dan anak muda agar lebih bersemangat bekerja di bidang pertanian guna meningkatkan ketahanan pangan," lanjutnya.

Ia mengatakan, belum lama ini Pj Bupati Batang dan Forkopimda telah melaksanakan panen cabai di Desa Beji, Kecamatan Tulis dan menanam Kedelai Edamame di Desa Tumbrep, Kecamatan Bandar.

“Menanam tanaman cepat panen merupakan salah satu solusi untuk menyukseskan ketahanan pangan di Kabupaten Batang,” ujarnya.

Ia mengatakan, warga bisa memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan rumah untuk ditanami jagung, cabai serta sayuran lainnya.

“Dengan begitu inflasi kenaikan harga barang kebutuhan pokok bisa sedikiti teratasi,” pungkasnya.