Pacu Kinerja, PLKB Batang Dibekali Kendaraan Operasional Baru

Batang - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Batang menyerahkan bantuan kendaraan dinas dan pembinaan bagi Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di Gedung Pramuka Kabupaten Batang, Kamis (29/9).

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, penyerahan kendaraan untuk PLKB seluruh sebagai kendaraan operasional mereka agar lebih memaksimalkan tugas pembinaan.

“Dengan kendaraan baru yang mereka pakai ini, mudah-mudahan memacu kinerja menjadi garda terdepan dalam hal penanganan KB serta kesehatan lainnya,” harapnya.

Pemberian motor operasional baru sebanyak 55 unit motor yang dianggarkan dari anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp1.614.750.000,00.

“Melihat animo KB di Kabupaten Batang relatif berhasil yang menjadi masyarakat antusias terhadap keluarga berencana. Jika ada satu atau dua orang mempunyai anak tiga atau empat wajar. Karena faktor usia pernikahan mereka pada waktu itu masih muda,” jelasnya.

Kemudian, jelasnya, untuk stunting sendiri belum diketahui angka pastinya di Batang.

“Masih belum bisa diukur penurunannya, tapi upaya pemerintah daerah sendiri sangat kencang dengan mengajak semua pihak terlibat, seperti desa, ketua RT, Posyandu, dan TNI-Polri kita terjunkan untuk penanganan stunting,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Batang Supriyono menambahkan, pembelian kendaraan operasional baru untuk PLKB pada tahun ini ada 55 unit motor.

“Meskipun, jumlah anggotanya ada 61 petugas, tapi Alhamdulillah melihat anggaran tahun 2023 ada lagi jadi sisannya yang belum dapat bisa dibelikan kembali,” ungkapnya.

Ia meminta teman-teman PLKB yang belum dapat harap bersabar terlebih dahulu. Karena memang anggaran tahun 2022 hanya bisa membelikan sejumlah 55 unit motor.

“Petugas PLKB ini bertugas setiap kecamatan harus ada minimal 3 petugas dan paling banyak ada 5 petugas yang bertugas untuk melakukan pembinaan KB dan pencegahan stunting,” tandasnya.