Tingkatkan Produktivitas, Disnaker Dumai Gelar Sosialisasi Pelatihan DUDI

Dumai - Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Indra Gunawan membuka Sosialisasi Pelatihan Kerja Sama dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), serta Pelatihan Produktivitas Tahun 2022, Kamis (29/9).

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja ini silangsungkan di salah satu hotel Kota Dumai dengan mendatangkan narasumber dari Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Medan, Rahmat Parhimpunan Siregar.

Dalam sambutannya, Sekda Kota Dumai Indra Gunawan mengungkapkan, arah kebijakan dan strategi terkait pembangunan ketenagakerjaan dalam RPJMD 2020-2024 ditetapkan beberapa indikator ketenagakerjaan, salah satunya adalah peningkatan produktivitas dan daya saing melalui pelatihan kerja.

Disampaikannya kepada peserta yang merupakan pelaku DUDI, pelatihan ini adalah kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keahlian tertentu sesuai dengan kualifikasi pekerjaan.

"Pelatihan kerja ini memiliki peranan penting untuk mengembangkan kualitas SDM yang mempunyai kompetensi untuk menguasai dan menerapkan pengetahuan," ucapnya.

Tambah Indra, dengan kegiatan sosialisasi ini, maka pengguna tenaga kerja baik itu perusahaan industri maupun wirausaha nengetahui dan memahami bagaimana pelaksanaan kerjasama dengan DUDI, sehingga dapat diimplementasikan di Kota Dumai.

Di sisi lain, Kepala Disnaker Dumai Satrio Wibowo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Disnaker baru-baru ini baru saja meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Si-Naker).

Lanjutnya, aplikasi ini merupakan inovasi dalam peningkatan pelayanan ketenagakerjaan berbasis teknologi, dengan tujuan memudahkan pelayanan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi ketenagakerjaan.

"Layanan pada Si-Naker yaitu Kartu Pencari Kerja (AK-1), Job Fair dan Permintaan Tenaga Kerja (AK/III). Dengan terintegrasinya SiNaker dengan DUDI serta dengan Sistem Informasi Ketenagakerjaan pada kemeterian dapat menunjang proses administrasi ketenagakerjaan yang akan menghasilkan informasi cepat dan akurat, dan juga sebagai instrumen pendukung upaya pengambilan keputusan oleh pimpinan," tuturnya.

Terakhir, dalam kesempatan yang baik ini, Wibowo mengajak kepada pelaku DUDI untuk selalu menjaga hubungan industrial yang harmonis demi terciptanya suasana kondusif terhadap investasi di Kota Dumai.