KPU Batang Tetapkan DPB untuk Pemilu 2024

Batang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang menetapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode Juli-September 2022 triwulan III.

Berdasarkan hasil jumlah DPB sebesar 626.793 pemilihan, baik itu laki-laki dan perempuan dari 248 kelurahan dan desa di 15 kecamatan se-Kabupaten Batang.

“Akhir dari penetapan daftar pemilihan mengalami kenaikan signifikan periode Juli hingga September 2022 mencapai 5.000 jiwa,” kata Ketua KPU Batang Nur Tofan saat ditemui usai Rakor rekapitulasi hasil pemutakhiran DPB di Aula KPU, Kabupaten Batang, Jumat (30/9).

Pemilihan baru yang masuk ini bersumber dari data Disdukcapil Kabupaten Batang yang nantinya akan menjadi data pemilih pengolah Pemilu 2024.

“Selanjutnya, pemilih pemula pada tahapan DPB terakhir yang akan dimasukkan sampai 30 September 2022 ini. Data pemilih pemula yang masuk berjumlah 131 jiwa,” jelasnya.

Untuk pengurangan data karena meninggal dunia ada 453 jiwa dan rekomendasi pengubahan data kosong.

KPU Batang, lanjut dia, akan terus memperbarui data pemilih dan berkordinasi dengan pihak terkait, dan berharap peran aktif Instansi terkait dan masyarakat untuk memaksimalkan data pemilih.

“Kami sampaikan tentu perlu adanya pengawalan dari masyarakat untuk memastikan agar KPU Batang dapat terus memperbaiki data Pemilih tersebut sampai nanti Pemilu 2024,” pungkasnya.