Hari Kesaktian Pancasila, Ormas dan Generasi Muda Batang Bawa Merah Putih 200 Meter

Batang - Dalam rangka menyemarakkan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022, gabungan organisasi masyarakat dan generasi muda berurutan membawa bendera Merah Putih.

Berawal dari halaman Pendopo Kabupaten Batang menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Kadilangu  diarak bendera Merah Putih sepanjang 200 meter.

Peserta yang membawa bendera Merah Putih, yakni gabungan Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kabupaten Batang dan generasi muda.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar generasi muda di Kabupaten Batang dapat kembali memahami dan menjalankan nilai-nilai luhur Pancasila dalam setiap kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” kata Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki saat ditemui usai Upacara bendera Merah Putih di depan Rumah Dinas Bupati Batang, Sabtu (1/10).

"Salah satunya dengan membawa bendera Merah Putih sepanjang 200 meter. Jadi ini memaknai bahwa merah putih ini merupakan sesuatu yang panjang, refleksi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari Sabang sampai Merauke," lanjutnya.

“Seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo, Acara hari ini sebenarnya adalah upaya kita semua untuk selalu menjaga semangat persatuan dan kesatuan, sebagai modal dasar dan modal utama kita untuk menghadapi berbagai macam tantangan bangsa,” jelasnya lagi.

Ia menegaskan, beberapa kali yang namanya Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika diuji. Beberapa kali pemberontakan, beberapa kali upaya untuk mengubah bangsa kita.

“Namun, bisa kita buktikan bahwa yang namanya Pancasila, yang namanya Republik Indonesia. Yang namanya bendera Merah Putih. Yang namanya Garuda Pancasila, yang namanya Bhinneka Tunggal Ika sampai saat ini tetap melekat di hati sanubari kita semua,” tegasnya.

Hal ini mengajarkan kepada generasi muda Kabupaten Batang untuk tetap guyub rukun jangan sampai dipecah belah terhadap pihak lain yang ingin menjatuhkan masyarakat Batang.

Ia berharap, momentum ini sebagai pelajaran kita semua betapa sulitnya waktu adanya pemberontakan untuk mengubah kita, tetapi kenyataannya Pancasila sakti tidak dapat digoyahkan oleh siapapun.