Pilkades Serentak di Pemalang Berjalan Lancar

Pemalang - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2022 di 11 desa wilayah Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, berlangsung lancar dan tertib.

Hal tersebut disampaikan Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) pelaksanaan Pilkades serentak 2022 di beberapa desa di Kabupaten Pemalang. Minggu (9/10).

"Alhamdulillah relatif aman, lancar, dan tertib, alhamdulilah tidak ada gejolak dan tidak ada gesekan permasalahan, Alhamdulillah," ucap Mansur.

Sebelumnya, Plt Bupati Pemalang Mansue bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Pemalang juga telah melaksanakan kegiatan yang sama pada H - 1 Pilkades serentak, tujuannya ialah untuk memastikan kesiapan pelaksanaan pilkades.

"Monev sebelumnya kita berkeliling ke desa desa yang akan melaksanakan pilkades ini, kita memastikan tidak terjadi sesuatu, Alhamdulillah sampai pelaksanaan terakhir, lancar semuanya," tambahnya.

"Harapannya pilihan ini pilihan terbaik masyarakat, kedepan kita bisa sama sama bersinergi dengan pemerintah kabupaten, kecamatan, sehingga kita bareng bareng membangun Pemalang menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo bahwa hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Pilkades di 11 desa berjalan tertib, aman dan lancar.

"Hasil dari monitoring evaluasi dua hari ini dari kemarin, kita Forkopimda jalan dari jalur selatan dan hari ini pantura, dan pas hari ini hari H (Pelaksanaan), kami monitoring dan alhamdulillah berjalan dengan tertib, aman, dan lancar" Ucap Kapolres.

Mengenai pengamanan, Kapolres menerangkan pengamanan pilkades tersebut tidak hanya terdiri dari unsur TNI-Polri di Pemalang saja, melainkan juga melibatkan personel BKO (Bawah Kendali Operasi) Brimob dari Pekalongan dan Purwokerto serta Polres Polres daerah tetangga juga turut diterjunkan.

"Unsur pengamanan terdiri dari TNI, Polri, dan Pemerintah dibantu dengan Limas, dan juga dibantu dari BKO Brimob, baik dari Pekalongan maupun Brimob Purwokerto, serta juga personel pengamanan TPS dari wilayah samping, dalam hal ini polres tetangga," paparnya.

Dalam monev tersebut menyasar beberapa desa di antaranya Desa Jebed Utara Kecamatan Taman, Desa Pegundan Kecamatan Petarukan, Desa Kelangdepok Kecamatan Bodeh, dan Desa Kertosari Kecamatan Ulujami.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Pemalang Tatang Kirana dan Para Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Pemalang.