Kabid PPPA pada Dinsos KBPP Pemalang Siap Kawal DRPPA

Pemalang - Kepala Bidang PPPA pada Dinsos KBPP Kabupaten Pemalang Tarom melakukan monitoring dan pendampingan program Safe4c di Desa Ujunggede, Kecamatan Ampelgading, Kamis (20/10).

Tarom mengatakan bahwa dirinya sudah berinteraksi dengan Dinas Pemberdayaan Desa terutama dibidang Kelembagaan, terkait Desa Ramah Perempuan dan Anak (DRPA), agar dalam tahun 2023 benar-benar ada dukungan alokasi Dana Desa.

"Agar ada surat edaran bupati untuk dukungan pada kegiatan pencegahan dan perlindungan anak, termasuk komitmen mewujudkan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak," terangnya.

Tarom menambahkan, ini menjadi bahan pemikiran terkait bagaimana semua desa bisa mendukung kegiatan keberpihakan masalah anak, seperti pemenuhan hak dasar, hak tumbuh kembang, hak perlindungan dan hak partisipasi.

Sementara itu, fasilitator masyarakat Safe4C Ujunggede Andang Jaya juga sebagai Kasi Pelayanan, mengatakan, ketika tidak ada dasarnya, kita kesulitan menganggarkan terkait regulasi yang bisa dijadikan rujukan dalam keberpihakan Dana Desa.

"Minimal ada dasar hukum perbup atau edaran terkait untuk kegiatan menuju desa yang aman dan ramah anak dan perempuan," tambahnya.