Plt Bupati Pemalang Ajak Desa Cegah Korupsi

Pemalang - Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengajak kepada seluruh desa di wilayah di Kabupaten Pemalang agar bisa mencegah tindakan korupsi.

Ajakan tersebut disampaikannya saat membuka kegiatan penilaian desa anti korupsi di Balai Desa Bojongnangka Kecamatan/Kabupaten Pemalang, Jumat (21/10).

Terkait dengan penilaian tersebut, Mansur berharap karena kegiatan itu merupakan kegiatan percontohan bagi desa-desa yang lain maka perlu disampaikan kepada para narasumber apa yang perlu dilengkapi, apa yang perlu ditambah dan apa yang perlu dilaksanakan lagi. Menurut Mansur, penilaian bukanlah akhir sebuah perjalanan anti korupsi tapi proses awal dari perjalanan kedepan desa antikorupsi.

Saat ada pilkades, kata Mansur, dirinya sudah menyuarakan bahwa di saat pencoblosan jangan dikasih uang. Ia menuturkan, pilkades yang berbiaya tinggi, menjadi awal dari sebuah korupsi. Karenanya Ia minta agar pesan anti politik uang digaungkan kepada masyarakat Kabupaten Pemalang

"Dari situ awalnya kita harus cegah hulunya, kalau hulunya tidak dicegah pasti hilirnya akan mengalir seperti itu terus sehingga kedepan tidak ada lagi hal-hal yang menimbulkan korupsi," ulas Mansur.

Terkait penilaian, pihaknya siap untuk melengkapi kekurangannya sehingga kedepan dapat dijadikan sebagai percontohan bagi desa-desa yang lain.

Sesi penilaian desa antikorupsi dengan tema "Berawal dari Desa Kita Wujudkan Indonesia Bebas Korupsi" dengan narasumber dari KPK perwakilan Jawa Tengah dan Inspektorat Provinsi Jawa Tengah.