BUMD Sumedang Siap Gandeng Investor Untuk Pacu Perekonomian

Sumedang - Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang, Hilman Taufik Wijaya Somantri, mengajak investor untuk ikut meningkatkan perekonomian daerah.

 

"Kabupaten Sumedang saat ini butuh investor untuk memanfaatkan limpahan air baku yang begitu besar bagi peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah," kata Hilman saat menerima kunjungan CEO Antara Digital Media Darmadi, di Sumedang, Kamis (27/10).

 

Hilman menjelaskan bahwa di Sumedang ada potensi untuk mengolah air pegunungan menjadi air minum dalam kemasan, dan juga pengolahan air baku untuk industri.

 

"Investor bisa menggandeng BUMD untuk melakukan kerjasama bisnis dalam memproduksi air minum dalam kemasan dan bisnis lainnya," tuturnya.

 

Selain dalam pengelolaan air baku, Kabupaten Sumedang juga membuka kesempatan bagi investor, baik asing maupun domestik, untuk mengolah lahan eks Perhutani yang sudah diserahkan kepada pemerintah.

 

"Lahan yang tersedia untuk dikelola mencapai 2.200 hektare, yang bisa dimanfaatkan untuk agrowisata, agroindustri dan lainnya," sebut Hilman.

 

Di luar yang 2.200 hektare itu, sekitar 900 hektare sudah dimanfaatkan investor, tuturnya.

 

Selain itu, ucap Hilman, ditawarkan lahan 40 hektare di sekitar jalan tol untuk digunakan sebagai rest area.

 

Di sisi lain, Darmadi menyambut baik rencana jangka panjang Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk mengajak lebih banyak investor berpartisipasi memajukan daerah.

 

"Jejaring luas yang dimiliki Antara Digital Media, termasuk jalinan dengan mitra bisnis di mancanegara, dapat dimanfaatkan pemerintah daerah sebagai jejaring investor bagi pemda dalam upaya meningkatkan perekonomian," paparnya.