Plt Bupati Pemalang: Berkontribusi Bangun Bangsa Bukan Cuma Jadi PNS

Pemalang - Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat menilai kontribusi dalam pembangunan bangsa, tidak hanya dengan berada di dalam pemerintahan.

"Membangun itu tidak harus berada di pemerintahan, tidak harus jadi PNS, tidak harus menjadi bupati, kita semua warga masyarakat boleh dan harus ikut membangun Kabupaten Pemalang," tegas Mansur, saat menjadi narasumber sebuah talkshow yang diadakan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pemalang, Minggu (30/10).

Ia mengatakan, berkontribusi dalam pembangunan juga bisa dilakukan, misalnya dengan bergabung dalam sebuah organisasi kemasyarakatan, termasuk organisasi kepemudaan.

"Ayo kita bersama melalui perkumpulan pemuda - pemuda, semangatkan pemuda kita untuk bersama kita bangun Pemalang. Ikut serta dalam pembangunan di Kabupaten Pemalang dari segi kepemudaan," harap Mansur.

Dalam talkshow yang diadakan di Alun-Alun Pemalang bersamaan dengan kegiatan car free day (CFD) tersebut, Mansur menerangkan pula bagaimana pemuda menghadapi tantangan jaman, khususnya dari terpaan tsunami informasi.

"Sebagai anak muda harus hati-hati memilih, banyak konten-konten negatif yang tidak perlu kita lihat, ataupun tidak perlu kita sebar sebarkan. Di situ juga ada hoax berita-berita bohong, di situ juga ada konten-konten atau gambar gambar yang tidak baik. Kita bisa memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik," ujar Mansur.

Lebih jauh, Mansur mengajarkan penting generasi muda belajar dari ganerasi sebelumnya.

"Sebagai pemuda kita harus bisa memilah-milah mana yang baik dan mana yang tidak baik. Dari pengalaman orang tua yang baik, kita ikuti, yang tidak baik kita tinggalkan. Kita harus terus belajar, karena kondisi zaman dulu, mungkin berbeda dengan zaman sekarang." ajak Plt Bupati Pemalang tersebut.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Kabupaten Pemalang Rinaldi Firdaus Kautsar mengatakan pasca pandemi banyak kegiatan kepemudaan yang terhenti.

Dirinya menilai, untuk membangkitkan kembali semangat pemuda, yang perlu dilakukan adalah bersatunya Pemda dan organisasi kepemudaan, dalam mendorong kreatifitas dan pengembangan potensi pemuda di Pemalang.

"Paling penting adalah bersatu bersama -sama, gotong royong untuk membangun Kabupaten Pemalang. Pemerintah (daerah) hadir dalam pengembangan motivasi, membantu pemuda untuk bangkit pascapandemi COVID-19. Mudah-mudahan di Kabupaten Pemalang pemuda-pemudanya lebih kreatif lagi," pungkas Rinaldi.