Ketua TP PKK Muara Enim Ajak Masyarakat Lestarikan Rempah-rempah

Muara Enim - Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurmala Sari mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melestarikan rempah-rempah, terutama tanaman rempah rumahan seperti kunyit, lengkuas, serai, cabe, bawang, dan lainnya.

Hal itu dikatakannya saat hadir dalam pembukaan Festival Rempah Sumatera Selatan Tahun 2022 di halaman PTC Mall, Kota Palembang, Sabtu (29/10).

Disamping itu, dirinya juga meminta kepada Ibu-ibu PKK yang ada di kecamatan dan desa untuk  menginventarisir kembali rempah-rempah di tempat masing-masing sehingga dapat diketahui kuantitas dan kualitas rempah-rempah tersebut yang dapat dijadikan acuan atau rempah unggulan dari tempat masing-masing, karena saat ini pasar obat-obatan yang menggunakan bahan dasar rempah-rempah sudah terbuka luas dan mulai dilirik oleh para investor.

"Akan lebih dari lumayan jika para petani kita bisa menjual rempah unggulan dalam jumlah banyak kepada investor melalui festival seperti ini, tentu hal tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kita," ujar Nurmala.

Festival rempah tersebut merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh TP PKK Provinsi dengan tujuan untuk menggali lagi kekayaan rempah yang ada di Sumsel juga mensosialisasikan kepada masyarakat terutama kaum milenial bahwa rempah tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan utama untuk kuliner tapi juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk obat-obatan tradisional dan modern.