Plt Bupati Pemalang Apresiasi Lomba MAPSI SMP

Pemalang - Penyelenggaraan Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islam (MAPSI) SMP tingkat Kabupaten Pemalang diharapkan dapat mengembangkan jiwa dan kecerdasan anak dalam mempelajari agama Islam.

Harapan tersebut disampaikan Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat, Saat membuka Lomba MAPSI yang ditandai dengan pemukulan bedug di Halaman SMP Negeri 4 Pemalang, Senin (31/10).

"Dengan mengikuti lomba ini, anak akan semakin giat dan tekun berusaha untuk dapat mempelajari agama Islam," kata Mansur.

Mansur menuturkan lomba ini dapat mendatangkan dampak positif bagi perkembangan jiwa dan kecerdasan anak, serta dapat mendorong anak untuk mengamalkan ajaran agama.

"Apabila sejak dini mereka sudah dibiasakan mempelajari agama, perlahan akan berkembang menjadi anak yang soleh dan sholihah," ujar Mansur.

Kepada pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan, Mansur menyampaikan beberapa pesan. Pertama, agar para guru melaksanakan tugas dengan baik, karena memiliki peran penting dalam menanamkan ajaran Islam kepada anak didiknya.

Kedua, kepada dewan juri untuk melaksanakan tugas secara objektif, dan yang ketiga kepada anak-anak peserta lomba untuk mengikuti lomba dengan sebaik mungkin.

"Tunjukkan kemampuan terbaik yang kalian miliki, jangan minder dan jangan grogi," pesan Mansur.

Sebelumnya, Ketua Penyelenggara Lomba MAPSI Agus Susanto menyampaikan laporan diantaranya, tema lomba yaitu menggali prestasi generasi Islam untuk Pemalang, dan terciptanya generasi penerus yang memiliki akhlak mulia dan berkarakter Pancasila.

Adapun tujuannya, yaitu untuk menentukan calon peserta lomba MAPSI SMP Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2022, yang akan dilaksanakan pada 18-19 November 2022 di Kabupaten Pekalongan.

Cabang yang dilombakan yaitu, Cerdas Cermat Islami (CCI) beregu, pidato putra-putri, tahfidz putra-putri, tartil putra-putri, kaligrafi putra-putri dan rebana beregu.

Peserta berasal dari 89 SMP se-Kabupaten Pemalang dengan jumlah 940 orang.

Hadir dalam acara pembukaan lomba, Kepala Kemenag Kabupaten Pemalang, Ketua MKKS SMP Kabupaten Pemalang dan Ketua MGMP PAI SMP Kabupaten Pemalang.