Kali Itauw Fili, Potensi Wisata Kampung Yokiwa Jayapura yang Menjanjikan

Sentani – Para duta masyarakat adat yang datang ke Kampung Yokiwa mengakui dan mengagumi potensi wisata yang menjanjikan, terutama di Kaki Itauw Fili kawasan Danau Sentani.

Hal itu disampaikan Hartono peserta Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI asal Bengkulu yang berkunjung ke Kampung Yokiwa pada serasehan beberapa waktu lalu.

Diakuinya, pesona eksotik Kali Jaifuri atau Itauw Fili Kampung Yokiwa Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura sangat memukau dan menjanjikan bagi kesejahteraan masyarakat.

”Kali ini memiliki potensi nilai ekonomis yang besar, jika warga dan pemangku desa di sini mau serius mengembangkannya dari sektor pariwisata,” ujarnya.

Menurutnya,  jika ingin mengelola secara sungguh-sungguh sektor pariwisata di Kali Jaifuri, maka warga setempat harus memanfaatkan potensi sekitar, mulai dari produk makanan olahan, hasil perikanan, pertanian dan perkebunan, sehingga tidak saja mengandalkan sektor jasa permandian air kali, tetapi ada sektor lain yang dapat dikembangkan.

”Kalau mau serius, sektor ekonomi kuliner lokal juga perlu disuguhkan, sehingga pengunjung tidak saja datang sekedar mandi-mandi di kali, tapi mereka juga menikmati kuliner yang rasanya khas dan menjadi daya tarik tersendiri,” pungkasnya.