Wabup Grobogan Ajak PHRI Bantu Bangkitkan Sektor Pariwisata

Grobogan - Wakil Bupati Grobogan Bambang Pujiyanto mengharapkan pengurus Badan Pimpinan Cabang Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPC PHRI) setempat terus berusaha untuk membina dan mengembangkan badan-badan usaha yang bergerak di bidang jasa perhotelan, serta usaha jasa makanan dan minuman sehingga akan semakin berkontribusi dalam pembangunan dan kebangkitan pariwisata.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri pengukuhan pengurus BPC PHRI Kabupaten Grobogan periode 2022-2027 yang diselenggarakan di Hotel FrontOne Purwodadi, beberapa waktu lalu.

Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Badan PimpinanDaerah (BPD) PHRI Provinsi Jawa Tengah Heru Isnawan. Dalam susunan pengurus periode 2022-2027, Agus Listiantoro mendapat kepercayaan sebagai Ketua BPC PHRI Kabupaten Grobogan

“Perlu disadari bahwa upaya–upaya membangkitkan kembali geliat sektor pariwisata di Kabupaten Grobogan membutuhkan peran serta dari berbagai pihak, termasuk PHRI Kabupaten Grobogan yang berorientasi pada pembangunan kepariwisataan sekaligus wadah untuk menciptakan iklim usaha yang bergerak dalam bidang jasa perhotelan, jasa makanan/minuman, diharapkan mampu menempatkan diri sebagai mitra strategis pemerintah dalam pembangunan pariwisata di Kabupaten Grobogan," ujarnya.

Bambang juga menambahkan PHRI sebagai wadah bagi pemilik maupun pengelola hotel dan restoran/rumah makan, selama ini telah memberikan kontribusi untuk pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Grobogan melalui pajak hotel dan restoran. Selain itu, kata dia, keberadaan hotel dan restoran/rumah makan juga membawa manfaat besar yang dapat dirasakan langsung untuk masyarakat Kabupaten Grobogan.

“Semoga dengan dikukuhkannya pengurus baru ini akan dapat menjadi sarana penyegaran organisasi yang diharapkan mampu membawa PHRI Kabupaten Grobogan semakin maju dan berkembang serta dapat memberikan kontribusi positif terhadap jalannya pembangunan di Kabupaten Grobogan, utamanya dari sektor pariwisata," ujarnya.

Sementara itu, Ketua BPD PHRI Jawa Tengah Heru Isnawan menyampaikan, pandemi COVID-19 yang telah berlangsung kurang lebih 2,5 tahun ini sangat berdampak di berbagai sektor. Dirinya mengharapkan kepengurusan PHRI Kabupaten Grobogan yang baru dikukuhkan dapat membantu dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Grobogan dalam upaya percepatan pemulihan sektor ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua BPC PHRI Grobogan yang baru dikukuhkan Agus Listiantoro. Ia mengatakan, pengurus baru PHRI Grobogan siap bersinergi dengan Pemkab Grobogan dalam berbagai bidang, khususnya dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi.