KAGAMA Serahkan Bibit Kopi kepada Poktan di Pemalang

Pemalang - Sebagai bentuk kepedulian terhadap pertanian di wilayah Kabupaten Pemalang, Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (KAGAMA) menyerahkan bibit tanaman kopi arabika kepada perwakilan kelompok tani "Karya Harapan" di Desa Gunungsari, Kecamatan Pulosari.

Bibit kopi tersebut diserahkan secara simbolis oleh Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat yang juga selaku Penasehat KAGAMA Pemalang. Sabtu (5/11).

Mansur mengatakan, ada 10 ribu bibit kopi arabika yang diserahkan KAGAMA kepada kelompok tani "Karya Harapan" Desa Gunungsari. Pemberian bibit ini dilakukan sebagai wujud kepedulian KAGAMA terhadap pangan dalam hal ini pertanian kopi arabika. Ia mengatakan, dengan ketinggian minimal 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) Pulosari menjadi lokasi yang sangat cocok untuk ditanami kopi karena memenuhi persyaratan ketinggian tersebut.

"Disini cocok sekali, makanya temen temen KAGAMA berkolaborasi dengan Dinas Pertanian," ujarnya.

Selain nanas madu Belik dan mangga istana Penggarit, Mansur berharap kopi Pulosari dapat menjadi icon Kabupaten Pemalang.

"Dan nanti kita gaungkan ini, kita sudah punya nanas belik, kita sudah punya mangga istana, dan sekarang kita punya kopi dan lahannya memungkinkan," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KAGAMA Pemalang Arief Setiawan berharap pembagian bibit kopi tersebut bisa memberikan manfaat bagi petani kopi di Pulosari.

"Kita harapkan juga nantinya kita bisa ambil program-program lain yang sekiranya bisa bermanfaat di Kabupaten Pemalang," tandasnya.