Pemprov Sultra Salurkan Bantuan Sembako untuk PKL dan IKM di Buton

Buton - Sebanyak 1.478 paket bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara disalurkan kepada pedagang kaki lima (PKL) dan industri kecil menengah (IKM) terdampak pandemi COVID-19 di Kabupaten Buton. Bantuan sembilan bahan pokok (sembako) tersebut diserahkan di Aula Kantor Bupati Buton, Takawa, Kamis (9/7).

“Untuk Kabupaten Buton, pendistribusian bantuan sembako dari Pemrov Sultra disalurkan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan berjumlah 1.478 paket,” ujar Koordinator Pendistribusian Bantuan Sembako Provinsi Sulawesi Tenggara wilayah Kabupaten Buton Sachiko Isamu.

Ia mengatakan, jumlah bantuan yang disalurkan di Kabupaten Buton ini merupakan yang terbanyak se-Sulawesi Tenggara.

"Perlu kami sampaikan jumlah tersebut merupakan jumlah terbesar untuk semua kabupaten se-Provinsi Sulawesi Tenggara," katanya.

Tidak hanya itu, ia menjelaskan bantuan sembako ini diporsikan untuk 1.009 PKL dan 478 untuk IKM yang terdampak COVID-19. Selain sembako, ada juga bantuan empat buah wastafel. Peruntukannya, satu wastafel untuk IKM, tiga wastafel lainnya untuk dipasang di sejumlah pasar.

Sementara itu, Kapala Dinas Perdagangan Kabupaten Buton Safaruddin mengatakan, ribuan penerima bantuan ini tersebar di seluruh kecamatan yang di Kabupaten Buton.

"Bantuan itu akan diperuntukkan untuk PKL yang tersebar di tujuh kecamatan wilayah Kabupaten Buton," kata Safaruddin.

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Buton Sadisu. Pihaknya mengatakan, pendistribusian bantuan untuk IKM menyasar 5 kecamatan, yakni Wabula, Pasarwajo, Wolowa, Siotapina dan Kapuntori.

Sementara itu, mewakili Bupati Buton, Wakil Bupati Buton Iis Elianti menjelaskan pandemi COVID-19 telah membawa pengaruh besar dalam kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.

"Bantuan sembako ini dalam upaya penanganan dampak COVID-19 yang diperuntukkan kepada usaha kecil menengah (UKM), IKM, PKL, buruh, ojek, nelayan, petani, maupun masyarakat kurang mampu di wilayah Kabupaten Buton. Bantuan berasal dari pemerintah pusat Kementerian Sosial dan lembaga lain, termasuk Pemprov Sultra.

Yang terbaru, jelas Iis, pada 27 Juni lalu telah dilakukan juga penyerahan bantuan sembako bagi PKL dan asongan oleh Tim Gugus Anggota Pansus DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Bantuan ini merupakan bentuk wujud kepedulian pemerintah provinsi terhadap masyarakat yang ada di Sulawesi Tenggara khususnya Kabupten Buton. Selain itu, bantuan tersebut adalah bentuk komitmen dan konsistensi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Pemerintah Kabupaten Buton dalam upaya memberi perhatian yang serius kepada masyarakat yang terdampak COVID-19,” katanya.

Iis juga berharap kebutuhan masyarakat dapat terbantu serta meringankan beban, bagi para pedagang kaki lima dan IKM, sehingga memiliki daya mampu ekonomi selama masa pandemi covid-19. Pemberian bantuan sembako yang akan diditribusikan ini diharapkan tepat sasaran kepda yang berhak mendapatkan bantuan.

Mantan Anggota DPRD Buton ini menegaskan pada dinas terkait untuk lebih teliti, cermat dan berhati-hati baik pada saat melakukan pendataan maupun dalam distribusi, sehingga tidak terjadi pendataan dan pembagian bantuan yang tumpang tindih yang pada gilirannya merugikan masyarakat.

Pada kesempatan ini pula, Iis mengingatkan kembali agar dalam melakukan pembagian bantuan sembako, nantinya senantiasa memperhatikan protokol kesehatan.

Terkhusus bagi para penerima bantuan, diharapkan senantiasa menggunakan masker, cuci tangan, menjaga jarak, serta hindari kerumunan, sehingga secara bersama-sama dapat memutus mata rantai menyebaran covid-19.

"Juga pada kesempatan ini, kami atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Buton menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Bapak Gubernur Sulawesi Tenggara atas segala perhatiannya yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Buton khususnya perdagangan kaki lima dan IKM yang terdampak Covid-19," ujarnya.

"Serta seluruh tim pendistribusian bantuan sembako Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah berkenaan mengawal dan mendistribusikan bantuan sembako kepada masyarakat Kabupaten Buton, sekali lagi kami ucapkan terima kasih," tambahnya.