Dana Otsus Distrik Sentani Barat Digunakan untuk Operasional dan Pelatihan

Sentani –  Guna mempercepat peningkatan derajat kesejahteraan dan pembangunan ekonomi masyarakat di Papua khususnya Kabupaten Jayapura melalui dana otonomi khusus tahun anggaran 2022.

Distrik Sentani Barat mendapatkan dana otsus sebesar Rp1.206.000.000,00 yang dibagi menjadi dua yaitu Blok Grand dan Spesifik Grand. Blok Grand yang digunakan untuk operasional di kantor sebesar Rp150 juta sedangkan Spesifik Grand digunakan untuk publik atau masyarakat sebesar Rp1.056.000.000,00 realisasi Blok Grand sebesar Rp50 juta untuk lima kampung dan sudah melakukan pendataan baik secara online maupun offline.

Sekertaris Distrik Sentani Barat, Yohana Tupa mengatakan dana Blok Grand belum terealisasi untuk pembelian pulsa data karena untuk sementara masih menggunakan pulsa data pribadi dana spesifik grand baru Rp100 juta kegiatannya sosialisasi terkait bidang perikanan, bidang pertanian dan perkebunan, holtikultural, peternakan ayam kampung, pengadaan bibit ikan nila dan ikan lele, sosialisasi ini dilakukan 19-20 September 2022.

“Total dana yang sudah terealisasi baru Rp154 juta baik dari Blok Grand maupun spesifik grand, dana yang belum terealisasi Rp100 juta Blok Grand 956 juta spesifik grand, laporan masih sedang dalam proses, sasaran dari dana otsus ini sendiri diperuntukan untuk Orang Asli Papua,” tambahnya, ditemui baru-baru ini.