Pemkab Muara Enim Audiensi Penguatan SAKIP ke Kementerian PAN-RB

Muara Enim - Pj Bupati Muara Enim, Kurniawan melaksanakan audiensi penguatan komitmen Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim di Kantor Kementerian PAN-RB RI, Jakarta. Senin (7/11).

Audiensi tersebut diterima langsung oleh Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Erwan Agus Purwanto dan Asisten Deputi Perumusan dan Koordinasi Kebijakan Penerapan Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Kamaruddin.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Kurniawan menyampaikan bahwa Pemkab Muara Enim berkomitmen mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien serta akuntabel, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga pelaporan.

“Penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien serta akuntabel merupakan upaya kami dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ujarnya.

Kurniawan menjelaskan, Pemkab Muara Enim terus berupaya meningkatkan nilai SAKIP tahun 2022 dari nilai 74,54 atau predikat BB di tahun lalu.

Tak lupa, Pj Bupati juga berterima kasih atas evaluasi maupun masukkan dari KemenPAN-RB dan berkomitmen melakukan perbaikan secara berkesinambungan di setiap tahunnya guna menciptakan manajemen kinerja yang akuntabel dan profesional.

Dalam kesempatan itu, tim Pemkab Muara Enim memaparkan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) tahun 2022 kepada tim evaluasi KemenpanRB dengan tema pembangunan Kabupaten Muara Enim di tahun 2022, yaitu Penguatan Ekonomi Masyarakat Menuju Muara Enim Mandiri, maka dipaparkan tiga upaya unggulan, yaitu peningkatan ketahanan perekonomian melalui penguatan ekonomi pedesaan, pengembangan UMKM unggul dan industri kreatif, pemerataan layanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas dan peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muara Enim Ardian Arifanardi, menyampaikan bahwa Diskominfo terus berkomitmen untuk menyelenggarakan tata kelola pemerintah dan pelayanan publik yang profesional dan akuntabel.

“Tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang profesional dan akuntabel adalah hal yang selalu Dinas Kominfo Muara Enim upayakan dan tingkatkan,” ujarnya

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Muara Enim Kurniawan yang didampingi Pj Sekretaris Daerah Riswandar, Inspektur, Suhermansyah, dan Kepala Bagian Organisasi, Wulandari Wijayanti.