Pj Bupati Muara Enim Sambut Kunjungan FKUB Sumsel

Muara Enim - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Kurniawan didampingi unsur forkopimda menerima kunjungan kerja Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sumatera Selatan, di Balai Serasan Sekundang (BASS) Muara Enim, Rabu (9/11).

Kunjungan kerja ini merupakan salah satu program kerja dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumsel guna menjalin silaturahmi bercengkrama dengan FKUB di empat kabupaten dan kota, yakni Kota Prabumulih, Pali, Pagaralam, Lahat dan Kabupaten Muara Enim selaku tuan rumah. Kunker ini juga diperuntukkan untuk mengimplementasikan dan mengoptimalisasikan Peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006.

Pj Bupati Kurniawan yang hadir didampingi Asisten Pemerintahan & Kesra Emran Tabrani dan Kepala Kesbangpol Muara Enim Andy Wijaya menyampaikan dukungan terhadap implementasi dan optimalisasi tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Rumah Ibadah.

"Melalui pertemuan tersebut akan dapat meningkatkan pemahaman kerukunan dan perdamaian antar umat beragama di Provinsi Sumatera Selatan pada umumnya, serta Kabupaten Muara Enim khususnya. Karena memang kerukunan dari pada umat beragama merupakan modal utama bagi pemangku kepentingan dalam menjalankan roda kepemerintahan di Bumi Serasan Sekundang," ujarnya.

Sementara itu, Ketua FKUB Provinsi Sumatera Selatan mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab. Muara Enim sebagai fasilitator dari pertemuan tersebut. Dirinya mengharapakan semoga melalui pertemuan tersebut dapat memberikan pemahaman regulasi tentang kewenangan pemeliharaan kerukunan umat beragama dan mekanisme perizinan rumah ibadah.

Hadir juga, para kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab Muara Enim, ketua FKUB Kabupaten Muara Enim berserta jajaran, para tokoh agama Kabupaten Muara Enim.