Pemkab Batang Gelar Ziarah Hari Pahlawan di TMP Kadilangu

Batang - Dalam rangkaan memperingati Hari Pahlawan 2022, Pemerintah Kabupaten Batang menggelar ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kadilangu Kabupaten Batang, Kamis (10/11).

Upacara ziarah dilaksanakan dengan khidmat. Adapun bertindak selaku inspektur upacara Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, hari ini kita melakukan ziarah ke makam pahlawan yang tujuannya untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup sebagai bangsa dan negara merdeka.

“Kita hidupkan kembali dalam benak kita atas perjuangan para pahlawan bangsa terutama bagi generasi muda. Dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan Kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya,” jelasnya.

Seperti amanat dari Menteri Sosial RI pada Hari Pahlawan yang mengambil tema "Pahlawanku, Teladanku" untuk meningkatkan rasa kesatuan dan kebersamaan masyarakat, seperti Bhinneka Tunggal Ika.

“Generasi muda harus meniru semangat dari para pahlawan terdahulu yang telah berjuang untuk bangsa dan negara tanpa pamrih. Jadi harapannya seperti itu, para pemuda bisa tiru semangatnya untuk menjga keutuhan NKRI persatuan dan kesatuan,” tegasnya.

Disinggung mengenai era digitalisasi yang saat ini telah berkembang pesat, Lani pun meminta para penerus generasi bangsa untuk lebih bijak dalam bermedia sosial tidak memancing hal negatif yang akan memecah belah persatuan bangsa.

Generasi penerus para pahlawan akan tetap setia menjaga kemerdekaan, mengisinya dengan pembangunan, dan melajukan negara ini ke arah kemajuan.

“Pengorbanan para pejuang yang bertaruh nyawa untuk tegak dan berdirinya Republik Indonesia yang kita cintai ini takkan sia-sia,” ujar dia.

Selesai kegiatan ini nantinya akan meletakkan Bungan dan menabur bunga pada setiap makam untuk menghormati jasa-jasa pahlawan yang ada di Kabupaten Batang.