Kirab Merah Putih di Pemalang Berlangsung Meriah

Pemalang - Kawasan Pendopo dan Alun-Alun Pemalang Sabtu (12/11) sontak menjadi lautan Merah Putih. Sebanyak 1.001 peserta Kirab Merah Putih dengan membawa panji bendera merah memenuhi jalan dari Pendopo Kabupaten menuju Alun-Aun Pemalang.

Sementara, Kirab Merah Putih sepanjang 1001 meter dan 700 meter juga memenuhi jalan pendopo dan seputar Alun-Alun Pemalang. Kirab merajut kembali peradaban bangsa, Garuda Sakti Nusantara dengan thema "Ikrar bersama anak bangsa" juga diiringi oleh drumb band dan pasukan dengan menggunakan pakaian adat nusantara.

Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat menyampaikan, Penyelenggaraan Kirab Merah Putih dilaksanakan sebagai simbol upaya kita dalam merawat kebhinekaan dalam balutan kedaulatan NKRI. Berkaitan dengan hal itu, Mansur menyampaikan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat yang telah mengikuti dan meramaikan gelaran kirab merah putih. Selanjutnya Mansur mengajak masyarakat Kabupaten Pemalang untuk menunjukan semangat yang dimilikinya dalam.menjaga persatuan dan kesatuan kedaulatan NKRI

Melalui momentum kegiatan kirab merah putih dan peringatan Hari Pahlawan Nasional pada 10 November 2022, Mansur mengajak untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila dan menerapkan nilai-nilai Pancasila secara utuh sehingga tak ada lagi perpecahan, perselisihan dan konflik yang terjadi di masyarakat.

"Yang ada hanyalah kedamaian, ketenteraman hidup bermasyarakat," imbuhnya.

Atas penyelenggaraan kirab merah putih yang diikuti oleh ribuan peserta, Mansur kembali menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada panitia dari Paguyuban Wonge Dewek Pemalang yang telah bekerja keras mempersiapkan kirab merah putih harmoni nusantara. Mansur berharap kegiatan tersebut mampu membangkitkan semangat kebersamaan, toleransi dan gotong royong diantara warga masyarakat Kabupaten Pemalang sehingga terwujud persatuan dan kesatuan yang dicita-citakan.

Pada kesempatan itu, Mansur juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh undangan yang telah hadir di Pemalang untuk menyaksikan sekaligus menyampaikan nasehatnya tentang pentingnya menjaga.persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Sebelumnya, Mansur Hidayat melepas peserta kirab dari gerbang Pendopo Kabupaten menuju Alun-Alun Pemalang.

Selain Plt Bupati dan Forkopimda, acara tersebut dihadiri utusan Raja-Raja Nusantara, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Pj. Sekda beserta Jajaran Pemerintah Kabupaten Pemalang, Ketua dan pengurus Paguyuban Wonge Dewek Pemalang, dan undangan lainnya.

Sebelumnya, Mansur Hidayat melepas peserta kirab dari gerbang Pendopo Kabupaten menuju Alun-Alun Pemalang.