Puluhan Perguruan Silat Siap Berlaga dalam Pra-Porprov

Batang - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Batang menggelar turnamen pencak silat prestasi Kramat Jati Open Piala Bupati Batang 2022. Kegiatan tersebut telah dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki Jumat (11/11).

Ketua panitia Kramat Jati Open Piala Bupati Batang Ahmad Sodikin mengatakan, tujuan utama even ini untuk mempersiapkan atlet-atlet pencak silat khususnya dari Kabupaten Batang, lebih siap bertanding pada even Pra-Porprov yang akan digelar akhir Desember 2022.

“Target kami supaya bisa menjaring bibit-bibit berpotensi untuk berlaga di tingkat nasional,” katanya, saat ditemui di GOR Indoor Abirawa, Kabupaten Batang, Minggu (13/11).

Peserta kejuaraan pencak silat seluruh Jateng, di antaranya Kabupaten Semarang, Batang, Kendal, Pekalongan,  Pemalang, Wonosobo, Kota Pekalongan dan ditambah D.I. Yogyakarta.

“Total ada 65 kontingen dari 17 daerah, yakni kategori anak 74, pra remaja 228, remaja 216 dan dewasa 130 peserta,” jelasnya.

Ia menegaskan, antusias cabang olahraga pencak silat di Kabupaten Batang cukup tinggi.

“70 persen atlet pencak silat asal Kabupaten Batang berlaga di even ini,” tegasnya.

Salah satu peserta, Edwan Hendra Saputro, dari Kontingen Sayoko Purworejo mengutarakan, segala persiapan telah dilakukan sebelum bertanding. Perlengkapan pelindung seperti tangan dan kaki juga sudah dipersiapkan.

“Saya mengikuti pertandingan ini untuk menambah jam terbang dan mengukur kesiapan diri sebelum bertanding di even Pra Porprov bulan depan,” ungkapnya.

Turnamen pencak silat prestasi Kramat Jati Open Piala Bupati Batang 2022 diikuti oleh 648 peserta se-Jawa Tengah dengan kategori anak hingga dewasa. Kejuaraan berlangsung sejak 11-13 November 2022 yang digelar di GOR Indoor Abirawa Batang, sebagai langkah kesiapan menuju Pra Porprov Desember mendatang.