Bupati Jayapura Ajukan Usulan Pembentukan BRIDA

Jakarta - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengagas pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kabupaten Jayapura. Hal ini ditandai dengan penyerahan Proposal Urgensi Usulan Pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Jayapura oleh Bupati Mathius Awoitauw, didampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Jonson Nainggolan di kantor Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Jakarta, beberapa waktu lalu.

Penyerahan proposal usulan ini diterima langsung oleh Deputi Riset dan Inovasi Daerah (BRIN) Yopi yang didampingi oleh Direktur Kebijakan Riset dan Inovasi Daerah Sri Nuryanti.

Bupati Jayapura menginginkan pembentukan BRIDA sebagai Organisasi Perangkat Daerah sendiri, sebagaimana peran Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Jayapura (BAPEDA).

Dalam pembahasan itu, bupati Jayapura juga mengharapkan nantinya bakal ada kerjasama atau kolaborasi antara BRIDA Kabupaten Jayapura dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) agar bisa mendorong pengembangan riset dan kebijakan pembangunan di daerah dengan baik.

Usai menerima usulan tersebut, Deputi Riset dan Inovasi Daerah mengucapkan terima kasih kepada bupati Jayapura atas kedatangannya ke BRIN untuk kedua kalinya dan mengapresiasi perhatian bupati dua periode tersebut yang telah memahami akan pentingnya riset untuk mendukung kebijakan pembangunan.

Bupati Jayapura juga menekankan perlu adanya Badan Riset dan Inovasi di Daerah (BRIDA) agar membantu penyelesaian masalah-masalah pembangunan di Papua secara umum dan secara khusus Kabupaten Jayapura, sehingga mampuh mengatasi konflik.

"Contoh kasus persoalan tanah, kondisi ini diharapkan (BRIDA) dapat memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Pusat seperti apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam melakukan pemetaan tanah-tanah adat," ujarnya.

Di akhir pertemuan, bupati Jayapura mengaharapkan peran BRIDA kedepannya agar berkolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam hal pengembangan riset sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Jayapura dan Papua.