Wali Kota Pariaman Serahkan Proposal Pembangunan RPH ke Kementan

Pariaman  - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, menyerahkan proposal pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH) kepada Kementerian Pertanian (Kementan) melalui  Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi, saat kunjungan kerja ke Kota Pariaman.



Kunjungan kerja wamentan ini sekaligus melihat Kampung Alpukat Desa Batang Tajongkek dan peninjauan lokasi RPH di Desa Taluak Kecamatan Pariaman Selatan.



Wali Kota Pariaman Genius Umar memaparkan bahwa meski wilayahnya adalah kota namun 65 persen penduduknya hidup dari pertanian, sehingga sektor pertanian menjadi penyangga utama perekonomian di Kota Pariaman.



"Kami memerlukan dukungan dan bantuan dari pemerintah pusat untuk berbagai hal dibidang pertanian dan peternakan, salah satunya pembangunan RPH. Oleh sebab itu saya saya akan serahkan langsung proposal pembangunan RPH yang lokasinya akan kita tinjau nanti pak," ujar Genius di Balairung Wali Kota Pariaman, Selasa (29/11).



“Untuk RPH, kami sudah sediakan lahan seluas 1,1 hektare di Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan. 


RPH ini sangat penting untuk menunjang perekonomian masyarakat khususnya bidang pertanian. Apalagi, lanjutnya pertanian merupakan salah satu penopang perekonomian,” sambungnya.



Ia berharap dengan kedatangan Wamentan ke Pariaman maka permintaan pembangunan RPH dapat terealisasi Tahun 2023 mendatang.



Sementara itu, Wamentan Harvick Hasnul Qolbi mengatakan pihaknya sudah menerima proposal pembangunan RPH tersebut dari Wali Kota Pariaman Genius Umar.



“Kementan terus mendorong sektor pertanian di Indonesia, dan pertanian di Kota  Pariaman ternyata mampu tumbuh dengan baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Dan menurut laporan dari walikota tadi bahwa Kota Pariaman hasil pertaniannya mampu surplus,” katanya. 



Untuk itu, lanjutnya, pihaknya akan dorong terus pertanian di Kota Pariaman sehingga betul-betul menjadi penopang ekonomi masyarakatnya. 



"Proposal telah kami terima mudah-mudahan bisa kita eksekusi 2023," pungkasnya.



Usai dijamu makan siang di Balairung Rumas Dinas Wali Kota Pariaman. wamentan dan rombongan melanjutkan peninjauan lapangan dengan berdialog dengan petani dan menanam pohon alpukat di Desa Batang Tajongkek, serta mengunjungi lokasi rencana pembangunan RPH di Desa Taluak.