Launching CoE Pariaman 2023, Wako Genius: Daerah Harus Saling Dukung Event Pariwisata

Pariaman - Wali Kota Pariaman Genius Umar berharap kepada seluruh daerah di Provinsi Sumatera Barat untuk saling mendukung event pariwisata. Hal tersebut disampaikan Genius Umar usai Launching Calendar of Event (CoE) Kota Pariaman Tahun 2023 di Safari Inn Hotel and Resto Kota Pariaman, Rabu (30/11). 

“Pemerintah harus saling dukung event pariwisata di Sumatera Barat. Hal ini sangat penting karena mampu mewujudkan Sumbar menjadi destinasi wisata nasional bahkan dunia. Oleh karena itu, saya mengundang kepala daerah se-Sumatera Barat untuk menghadiri launching CoE Kota Pariaman 2023 dan sekaligus menyinkronkannya dengan kabupaten/kota lainnya di Sumbar. Sehingga kolaborasi event ini bisa berdampak lebih besar terhadap daerah masing-masing dan tentunya akan bersampak terhadap Sumbar,“ ungkapnya.

Genijuga menjelaskan bahwa hampir semua daerah di Sumatera Barat mengalami defisit anggaran saat ini, sementara kita butuh anggaran untuk pembangunan daerah masing-masing termasuk juga penyelenggaraan event pariwisata. Pemprov Sumbar memiliki peran penting untuk menyinkronkan anggaran untuk pemerintah kabupaten/kota sehingga daerah dapat porsi yang jelas dari anggaran Pemprov Sumbar.

“Untuk Tahun 2023, Kota Pariaman melaunching CoE sebanyak 26 event sepanjang tahun dengan tiga event unggulan. Tiga event unggulan yang akan diselenggarakan yakni, Pariaman International Triathlon pada Juni, Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman pada Juli, dan Pariaman Berlari pada September. Beberapa event bisa bertambah seiring berjalannya waktu, karena kita juga sudah menyurati KONI Kota Pariaman untuk mengadakan event berskala besar yang hadiahnya nanti akan dibantu Pemko Pariaman. Di masa depan, sektor pariwisata harus terus dikembangkan, apalagi Kota Pariaman memiliki banyak potensi pariwisata yang terdapat di seluruh desa-desa dengan keunikan dan keunggulannya masing-masing seperti berupa peninggalan sejarah, keanekaragaman adat-istiadat dan budaya masyarakat, seni-budaya, serta adanya dukungan wilayah yang luas dengan keindahan panorama alam serta pantai,“ terangnya.

Terakhir, Genius menjelaskan bagaimana pemerintah kabupaten/kota untuk bersinergi. Dirinya juga minta kabupaten/kota ikut promosikan satu event di daerahnya misalkan promosi iven Pacu Jawi di Kabupaten Tanah Datar dalam kalender event Pariaman.

Launching CoE Kota Pariaman Tahun 2023 dihadiri oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, perwakilan dari masing-masing kabupaten/kota se-Provinsi Sumatera Barat