Peduli Cianjur, Plt Bupati Pemalang Lepas Relawan PMI

Pemalang - Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat hari ini memberangkatkan para relawan PMI Kabupaten Pemalang peduli korban gempa Cianjur, di halaman Pendopo Kabupaten Pemalang, Selasa (6/12).

Usai memimpin apel pemberangkatan, Mansur mengungkapkan, sebelumnya para relawan dari PMI Kabupaten Pemalang mendapat informasi bahwa saat ini dibutuhkan transfer atau distribusi bantuan logistik dari satu lokasi ke lokasi bencana yang lain dan salah satunya dengan menggunakan motor trail dari klub Trabas. Hal itu dilakukan agar bisa menjangkau lokasi - lokasi yang sempit atau pada jalan-jalan yang tidak bisa dilalui mobil sehingga lebih cocok dengan menggunakan Trabas.

Menurut Mansur, Trabas merupakan bantuan solutif inovasi karena mungkin ditempat- tempat lain bantuannya dalam bentuk sembako.

"Sedangkan kita mengirimkan bantuan trabas untuk membantu yang lain," ujarnya.

Mansur menuturkan, untuk tahap pertama, rencananya mereka akan melaksanakan tugas sekitar 6 hari, apabila nanti dibutuhkan, akan ditambah pada hari lainnya.

"Kami kirimkan 29 motor trabas sehingga nanti bisa lebih bermanfaat di Cianjur dan sekaligus membawa peralatan terpal, sandal dan sebagainya yang memang sangat dibutuhkan di Cianjur saat ini," terang Mansur.

Mansur yakin mereka siap dan ikhlas untuk diberangkatkan dan siap melaksanakan tugas tanpa mengenal lelah untuk memberikan bantuan disana.

Selanjutnya, Mansur mendoakan mereka agar tetap sehat, lancar dan dimudahkan dalam perjalanan serta selamat sampai di tempat tujuan sehingga mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal guna membantu masyarakat korban bencana gempa di Cianjur dan bisa kembali pulang ke Pemalang dalam keadaan selamat. Selain itu, Mansur juga pesan agar mereka bisa menjaga nama baik Kabupaten Pemalang,

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Pemalang, Ahmad Fatah mengatakan, ada sebanyak 29 orang relawan yang diberangkatkan ke Cianjur. Mereka akan berada disana selama enam hari dengan. membawa kendaraan.

Menurut Fatah, disana butuh orang yang bisa mendistribusikan bantuan sampai pada wilayah-wilayah terpencil yang sulit dijangkau.

Dalam kegiatan itu, pihaknya mengajak semua komponen club'-club trabas yang ada di Pemalang yang jumlahnya sekitar 17 club. Ia mengatakan, saat 'ini yang sudah mengirimkan sebanyak 15 perwakilan club.

"Saya menggugah rekan -rekan yang biasa dilapangan yang hobi seperti itu, kita ajak untuk melaksanakan tugas kemanusiaan ternyata responya luar biasa mereka semangat dan siap untuk diberangkatkan," jelasnya.

Fatah menerangkan, pihaknya sudah menyiapkan perbekalan berupa makan dan minum untuk para relawan Pemalang yang dikirim ke Cianjur termasuk membawa orang yang biasa masak di dapur umum. sehingga ketika datang ke sana betul-betul membantu dan tidak merepotkan.