Pemerintah Layani Rapid Test untuk Kepentingan Surveilans

Sentani - Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Edward Manik Sihotang mengatakan, saat ini pemerintah melayani tes cepat (rapid test) hanya untuk kepentingan surveilans guna mendeteksi penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat.

"Yang kita lakukan hanya rapid test khusus keperluan surveilans bagi masyarakat di Kabupaten Jayapura," ungkapnya. Sementara untuk kepentingan keberangkatan keluar daerah, Pemerintah Kabupaten Jayapura masih mengikuti Surat Edaran Gubernur Papua, Dimana untuk rapid test bagi warga yang ingin keluar daerah hanya dilakukan di bandara atau Laboratorium Kesehatan Daerah Pprovinsi Papua.

"Kemarin kami rapat untuk menyepakati membantu mengurai antrian rapid bagi mereka yang mau berangkat khusus masyarakat Kabupaten Jayapura. Namun ternyata saat hasil reaktif, banyak yang menghilang tanpa jejak dan ada yang tidak mau lanjut protokol untuk pengambilan swab," jelasnya.

Bahkan, kata dia, ada juga kelompok masyarakat yang sengaja tes untuk upayakan hasil non reaktif agar bisa berangkat. Jadi kalau di kota negatif maka mau coba coba ke kabupaten. Akhirnya kami tidak sepakat membuka untuk kepentingan berangkat sampai dengan surat edaran gubernur dicabut.

Sementara itu, RS Yowari juga melayani rapid test tapi khusus bagi ODP dan PDP, yaitu pasien yang datang dengan gejala gangguan pernafasan. Untuk puskesmas juga lakukan skrining untuk pasien ODP, PDP dan rujuk.

"Rapid di Dinas Kesehatan bagi yang tanpa gejala atau untuk umum yang ingin mengetahui status kesehatan. Semua layanan itu gratis karena menggunakan dana BTT sektor kesehatan," ujarnya.