Plt Bupati Pemalang Bersyukur Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan

Pemalang - Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengucapkan terima kasih kepada jajaran pemda dan masyarakat, serta semua pihak yang telah berhasil menurunkan angka kemiskinan di wilayahnya. Mansur juga meminta semua pihak tetap bersemangat dan selalu bersyukur atas capaian tersebut.

Disebutkan dalam data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2021 tercatat angka kemiskinan 16,56 persen, sedangkan pada tahun ini ada penurunan sebanyak 1,5 persen.

"Alhamdulillah Pemalang ada penurunan angka kemiskinan. Sebelumnya, 16,5 persen terus turun jadi 15,05 persen," ujar, Mansur Hidayat di Pemalang, Senin (12/12).

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Pemalang Sujarwo menjelaskan, meningkatkannya daya beli masyarakat menjadi salah satu faktor yang ikut mempengaruhi penurunan angka kemiskinan.

“Salah satu faktor yang mempengaruhi turunnya angka kemiskinan itu tumbuhnya daya beli. Dapat dikatakan bahwa perekonomian di Pemalang kembali menggeliat," jelasnya.

Tidak hanya itu, turunnya angka kemiskinan juga dipengaruhi oleh program dari Pemkab yakni satu OPD satu desa/kelurahan binaan. Program ini dinilai sangat berpengaruh dengan penurunan kemiskinan.

Sujarwo menyebutkan, berkat adanya penurunan angka kemiskinan, peringkat Pemalang sebagai daerah di Jawa Tengah pun ikut turun.

“Pemalang kini peringkat enam dalam tingkat kemiskinan, sebelumnya Pemalang peringkat empat," tandasnya.