Plt Bupati Pemalang Ajak Masyarakat Bumikan Al Qur'an

Pemalang  - Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengajak kepada masyarakat untuk membumikan Al Qur'an. Caranya dengan meningkatkan syiar Islam dan dakwah kepada masyarakat.

Ajakan tersebut disampaikan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Pj Sekretaris Daerah Moh. Sidik, saat membuka Lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Pelajar ke-26 dan MTQ Umum ke-30 Tingkat Kabupaten Pemalang di Pendopo Kabupaten Pemalang, Senin (12/12).

Al Qur'an, menurut Mansur, merupakan kitab suci yang syarat dengan inspirasi dan motivasi agar umat manusia semakin giat memperluas wawasan, memperdalam ilmu pengetahuan, menyempurnakan akhlak serta menciptakan generasi Qur'ani yang berakhlakul karimah.

"Mari jadikan Al Qur'an sebagai nafas dan sebagai pegangan jalan hidup yang hakiki dan kepribadian seorang Muslim yang bertakwa," ajak Mansur.

Ia berharap seluruh rangkaian acara dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti, dari mulai pembukaan hingga terpilihnya pemenang di akhir kegiatan.

Sebelumnya, Kabag Kesra Setda Kabupaten Pemalang Sukisman melaporkan, Lomba MTQ dibagi dalam tiga cabang. Pertama, Cabang Tilawah Al Qur'an (seni baca Al Qur'an). Kedua Cabang Tartil Qur'an (baca Al Qur'an secara perlahan dengan Tajwid dan Makhraj yang jelas dan benar) Ketiga Cabang Tilawah Al Qur'an (seni baca Al Qur'an) Umum/Dewasa Putra dan Putri

Untuk Cabang Tilawah Qur'an dan Cabang Tartil Qur'an terdiri dari golongan SD/MI putra dan putri, golongan SLTP/MTs putra dan putri serta golongan SLTA/SMK/MA Putra dan Putri. Ia menyampaikan, lomba MTQ diselenggarakan di 7 lokasi. yakni di Pendopo Kabupaten Pemalang untuk Tilawah dewasa putra dan putri, lalu di Aula Kantor Kementrian Agama untuk Tilawah SMA/SMK/MA putra dan putri,

kemudian di Mushola Al Amin Lingkungan Setda, untuk Tilawah SLTP/MTs putra dan putri, di Aula Kantor BKD untuk Tilawah SD/MI putra dan putri, di Aula Kantor Kesbangpol untuk Tartil SMK/SMK/MA untuk putra dan putri, di Aula Ponpes Salafiyah untuk Tartil SLTP/MTs putra dan putri dan di Mushola Baitul Hafidz untuk Tartil SD/MI putra dan putri.