Plt Bupati Pemalang Minta DAK PAUD Efektif dan Transparan

Pemalang - Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat menggelar Rapat Evaluasi Pengelolaan DAK (Dana Alokasi Khusus) Nonfisik BOP (Badan Operasional Penyelenggaraan) PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Tingkat Kabupaten Pemalang di Gedung PGRI, Selasa (13/12). Hal ini dilakukan untuk mengatasi berbagai persoalan dan hambatan dalam upaya pengembangan PAUD di Pemalang,

Dalam kesempatan tersebut, Mansur meminta kepada penyelenggara PAUD untuk memperhatikan prinsip fleksibel, efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

"Diperlukan pembahasan yang intens, cermat serta komprehensif dalam rangka mengatasi persoalan pengembangan PAUD di Pemalang," kata Mansur.

Mansur menyampaikan bahwa saat ini pemerintah daerah dapat melakukan percepatan penetapan dan pengusulan rekening satuan pendidikan dalam penyaluran dana BOS, BOP PAUD, dan BOP Kesetaraan.

"Penyaluran langsung dilakukan dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke rekening Satuan Pendidikan," ujar Mansur.

Mansur berpesan kepada peserta rapat agar memperhatikan Pengelolaan Dana Alokasi Nonfisik BOS pada jenjang SD, SMP, BOP PAUD dan BOP Pendidikan Kesetaraan di Kabupaten Pemalang.

"Harus diperhatikan dengan senantiasa konsisten mengedepankan prinsip-prinsip fleksibel, efektifitas, efisien, transparan dan akuntabel," pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Pembinaan PAUD dan DIKMAS dalam Disdikbud Kabupaten Pemalang, Ida Komaria Setianingsih melaporkan bahwa untuk hari pertama Selasa, 13 Desember 2022 yang mengikuti rapat yaitu dengan jumlah peserta sebanyak 432 peserta terdiri dari KWK se Kabupaten Pemalang sebanyak 14 peserta, Penilik se-Kabupaten Pemalang sebanyak 7 peserta, PAUD dari Kecamatan Pemalang sebanyak 85 peserta, Kecamatan Taman 87 peserta, Kecamatan Petarukan 79 peserta, Kecamatan Comal 63 peserta, Kecamatan Ulujami 66 peserta, Kecamatan Warungpring 31 peserta.

Kemudian, untuk hari kedua Rabu (14/12) akan diikuti dari 8 Kecamatan berjumlah 394 peserta yang terdiri dari PAUD Kecamatan Moga 40 peserta, Pulosari 43 peserta, Belik 64 peserta, Watukumpul 50 peserta, Bantarbolang 35 peserta, Randudongkal 58 peserta, Bodeh 47 peserta dan Ampelgading 57 peserta.

Ida Komaria menjelaskan total peserta 2 hari yaitu sejumlah 826 yang terdiri dari unsur KWK se-Kabupaten Pemalang, unsur penilik PAUD se-Kabupaten Pemalang, dan para sekolah penerima DAK Nonfisik BOP PAUD se-Kabupaten Pemalang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bunda PAUD Kabupaten Pemalang Shanti Rosalia dan Kepala Dindikbud Kabupaten Pemalang Abdul Rachman.