Tol Semarang-Demak Akan Dibuka Gratis Jelang Libur Nataru

Demak - Jalan Tol Semaran-Demak sesi 2 akan dibuka pada 22 Desember mendatang atau menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

Diketahui jalan tol tersebut sudah melakukan tahapan Uji Kelayakan Fungsi (ULF) pada 16 - 21 Desember.

"Untuk Tol Semarang-Demak Sesi 2 dari Sayung ke Kadilangu Kabupaten Demak pada 15 Desember ULF sudah selesai, sehingga pada 16-21 Desember persiapan saja untuk pembukaan di 22 Desember," kata Humas PT PP Tol Semarang Demak Robby Sumarna, Kamis (15/12).

Ia menambahkan bahwa ketika tahapan ULF ada beberapa kekurangan  yang terjadi seperti kekurangan pada rambu - rambu, dan penerangan jalan. Namun demikian kekurangan tersebut sudah diperbaiki.

Terkait kembali dibukanya tol pada 22 Desember 2022, belum ada penetapan pasti pada tarif alias digratiskan.

" H-3 Nataru pada 22 Desember sampai H+3 Nataru 3 Januari jalan fol dibuka fungsional dan akan kami gratiskan tarifnya sampai dengan ada penetapan dari BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) mengenai tarif Tol Semarang Demak," jelas Robby.

Lebih lanjut Robby menjelaskan, adapun kendaraan yang dapat melintasi tol tersebut sementara ini diperbolehkan hanya kendaraan yang memuat bahan pokok atau sembako. Hal tersebut sesuai dengan peraturan pemerintah menjelang libur Nataru.

"Pengoperasian tol pada 22 sudah tidak ada masalah lagi, sehingga rencananya akan kami buka pada pukul 00.00 WIB. Secara umum semua kendara dibolehkan masuk, cuma untuk Nataru pemerintah apakah ada pembatasan untuk truk besar biasanya, pengakut sembako diperbolehkan, dan kendaraan dari luar, itu belum keluar aturnya," terangnya.