Pemkab Demak Gelar Upacara Hari Bela Negara

Demak - Pemerintah Kabupaten Demak, Jawa Tengah, menggelar peringatan Hari Bela Negara ke-74. Bertindak selaku insektur upacara (irup) Bupati Demak Eisti'anah, di halaman Sekretariat Daerah, Senin (19/12).

Peringatan yang dikemas dengan tema “Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku”, merupakan sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun bersama kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara.

Bupati Demak Eisti'anah, saat membacakan sambutan Presiden Joko Widodo yang menyampaikan, bela negara merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

Lebih lanjut Eisti menyampaikan bahwa nilai dasar bela negara adalah cinta Tanah Air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan kemampuan awal bela negara.

"Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya." Jelas Bupati.

Pada peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022 ini, Bupati Demak Eisti'anah mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing- masing, untuk ikut serta dalam bela negara.

"Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai," tegas Eisti.

Eisti menegaskan, seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan bela negara.

"Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang. Oleh karena itu, kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negara," pungkasnya.

Hadir dalam upacara tersebut unsur Forkopimda, perwakilan OPD se-Kabupaten Demak, jajaran TNI-Polri.