Polban Gelar Kompetisi Nasional CAD/CAM, PENS Keluar Sebagai Juara

Bandung - Politeknik Negeri Bandung menyelenggarakan kompetisi Computer-Aided Design (CAD) and Computer-Aided Manufacturing (CAM) tingkat nasional tahun 2022 untuk pertama kalinya yang dilaksanakan secara hybrid.

Kompetisi bertemakan "Sinergi Vokasi melalui Kreativitas" diselenggarakan pada 24 November hingga 8 Desember 2022 di Gedung Pendopo Tonny Soewandito Polban, dan dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Bandung Marwansyah, serta didampingi oleh Direktur Politeknik Negeri Bandung periode 2014-2018 Rachmad Imbang Tritjahjono.

Ketua Pelaksana Achmad Hata, dalam laporannya, Kamis (22/12), mengatakan kompetisi CAD/CAM ini diikuti sebanyak 36 politeknik negeri maupun swasta dari seluruh provinsi di Indonesia seperti DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Aceh, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatera Tengah, Sumatera Selatan, Sumatra Utara, dengan jumlah peserta sebanyak 44 orang.

"Kompetisi CAD/CAM ini diselenggarakan karena adanya peran serta dan dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi (Kemendikbudristek), industri dalam hal ini adalah PT Indotech Trimitra Abadi selaku pemegang MasterCAM di Indonesia, dan Badan Koordinasi Mahasiswa (Bakorma)," ujar Achmad Hata.

"Disamping itu, kompetisi CAD/CAM tingkat nasional tahun 2022 juga didukung oleh para juri yang berasal dari kalangan asosiasi, akademisi yang kompeten dan profesional di bidangnya," tandasnya.

Hasil kompetisi nasional CAD/CAM 2022 adalah juara pertama, yakni Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, sedangkan juara kedua diraih Politeknik Negeri Malang, dan diikuti Politeknik Manufaktur Bandung.