Pemkab Jayapura Hadirkan Internet Vsat di Distrik Ravenirara

Sentani - Pemerintah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, resmi menghadirkan jaringan internet vsat di Distrik Ravenirara.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jayapura Gustav Griapon menyebut, selain untuk membuka keterisolasian dan mendukung program pemberdayaan ekonomi, juga untuk menunjang pembelajaran daring (online).

Gustav menjelaskan, ada 10 perangkat yang sudah dibawa ke daerah itu. Perangkat itu akan di pasang di distrik dan empat kampung yang ada di distrik tersebut. Saat ini proses pemasangan sedang berlangsung dan beberapa kampung sudah selesai.

"Sekarang mereka sudah mulai terbuka dari keterisolasiannya, karena kami sudah fasilitasi pemasangan jaringan internet menggunakan vsat," kata Gustav Griapon saat ditemui, Sabtu (11/7).

Dia menjelaskan, empat kampung yang menggunakan layanan jaringan vsat ini masing masing dipasang dua perangkat. Satu perangkat dari masing masing kampung itu untuk menunjang kegiatan dan aktifitas di kantor. Sementara satu perangkat lainya digunakan untuk kegiatan usaha yang nantinya akan dikelola oleh BUMDes.

"Jadi di sana masing masing kampung itu ada bumdes, sehingga masyarakat juga bisa mengakses internet melalui jaringan yang disediakan melalui bumdes ini. Pemerintah berharap semoga ini bisa bertumbuh dan berkembang," tambahnya.