Lima Sekolah di Demak Terima Penghargaan Sekolah Adiwiyata Jateng 2022

Demak – Sebanyak lima sekolah di Kabupaten Demak meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022. Kelima sekolah tersebut meliputi SDN Bintoro 1, SDN Jatimulyo, SMPN 3 Demak, SMPN 4 Demak, dan SMPN 1 Wonosalam.

Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak Masruh melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Kusdarmawan, saat dihubungi melalui WhatsApp, Senin (26/12.

“Penyerahan penghargaan tersebut diberikan pada 22 Desember 2022 bertempat di SMKN 1 Adiwerna Kabupaten Tegal,” lanjut Kusdarmawan.

Kusdarmawan menyampaikan, pada prinsipnya pencapaian Adiwiyata ini bukan lomba, yang di tonjolkan bukanlah kondisi fisik sekolah dengan bangunan yang megah dan taman yang indah, namun lebih kepada upaya mewujudkan pendidikan karakter.

“Bagaimana upaya sekolah untuk membentuk karakter anak didik yang berwawasan lingkungan, berperilaku ramah lingkungan dan pencapaian kelestarian lingkungan,” jelasnya.

Sehingga, lanjut Kusdarmawan, di dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) perlunya dikenalkan Identifikasi Potensi Masalah Lingkungan Hidup di daerah, sehingga anak didik mengenal isu-isu lingkungan.

Ditambahkannya, harapan ke depan dapat mengetahui cara menyelesaikan permasalahan lingkungan di sekolah. Selain itu, diharapkan sekolah penerima penghargaan juga dapat mempersiapkan diri untuk maju ke tingkat selanjutnya.