Plt Bupati Pemalang Minta Kades Baru Segera Susun RPJM Desa

Pemalang - Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat berpesan kepada 11 Kepala Desa yang baru dilantik pada 13 Desember 2022 kemarin agar segera menyusun dokumen perencanaan pembangunan 6 tahunan berupa RPJM Desa paling lama 3 bulan sejak dilantik.

Pesan tersebut disampaikan saat memberikan arahan kepada para kades dalam Rapat Koordinasi Kepala Desa Se Kabupaten Pemalang Triwulan ke-IV Tahun 2022 di Pendopo, Senin (26/12).

Pada kesempatan itu, Mansur minta agar kepala Dinpermasdes dapat memberikan pedoman perencanaan pembangunan kepada desa, kemudian camat memfasilitasi penyusunan dan Kepala Desa agar membentuk Tim Penyusun dan mengkoordinasikan seluruh perangkat desanya.

Mansur juga berpesan sebelum akhir tahun 2022, para kepala desa dapat melakukan langkah percepatan penyelesaian seluruh pelaksanaan kegiatan sampai dengan tanggal 31 Desember 2022.

"Segera lakukan percepatan penyusunan dokumen agar ditetapkan paling lambat tanggal 31 Desember 2022," kata Mansur.

Selain itu, menjelang peringatan hari jadi Kabupaten Pemalang ke-448, yang akan dilaksanakan pada 24 Januari tahun depan, Mansur menghimbau kepada para Camat dan kades agar dapat menggerakkan seluruh warga masyarakat untuk melaksanakan K3 di lingkungan masing-masing.

"Ramaikan dan semarakkan rangkaian peringatan hari jadi agar terasa gebyar dan semangat dalam mewujudkan Pemalang AMAN (Adil, Makmur, Agamis dan Ngangeni)," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinpermasdes Suhirman melaporkan, Rakor diikuti 267 orang dilaksanakan untuk membahas beberapa hal aktual terkait dengan penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang harus mampu diantisipasi dan ditindaklanjuti oleh desa serta untuk mengevaluasi penyelenggaraan Pemerintahan Pembangunan Tahun 2022 sekaligus untuk persiapan Tahun 2023.

Disela rakor tersebut dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemkab Pemalang dengan 9 rumah sakit swasta tentang pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Pemalang.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis TJSLP (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan) oleh Plt Bupati Pemalang dari PT Bio Farma.

Serta penyerahan sertifikat halal serta penyematan lencana dan penyerahan piagam kepada 15 Kepala Desa yang berstatus Desa Mandiri.

Hadir dalam acara tersebut Narasumber dari KPPN Tegal, KPP Pratama Pekalongan dan BPJS Ketenagakerjaan Pemalang.