BPBD Demak Laporkan Hasil Assesment Bencana Banjir

Demak - Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Demak M. Agus Nugroho Luhur membeberkan hasil assesment bencana banjir pada 31 Desember 2022 akibat hujan deras yang mengguyur sejak 30 Desember.

"Total keseluruhan wilayah terdampak meliputi 14 kecamatan, 115 desa, jumlah terdampak 155.269 jiwa, jumlah pengungsi 265 jiwa, rumah terendam 39.483 rumah, 24 unit rumah roboh, 45 unit rumah rusak ringan. Sedangkan jumlah sawah yang terendam 5.931 ha, tambak tergenang 2.519 ha," jelasnya di Demak, Rabu (4/1).

"Sedangkan jumlah sekolah yang terdampak 3 sekolah, 5 tempat ibadah dan sepuluh titik tanggul kritis. Sedangkan korban jiwa nihil. Untuk total kerusakan dan kerugian masih dalam proses perhitungan," jelasnya.

Dirinya juga melaporkan untuk kebutuhan mendesak  yang diperlukan meliputi logistik/makanan cepat saji, dapur umum, selimut dan alas tidur, asbes dan genteng, alat kebersihan dan obat-obatan. Sementara untuk kegiatan tim harian yakni menerima laporan, petugas TRC Demak melakukan assessment ke lokasi terdampak bencana, memberikan bantuan karung sak untuk peninggian tanggul sungai yang limpas, dropping logistik, operasional dapur umum, distribusi air bersih dan serah terima bantuan logistik.