Debit Air Meninggi, Bupati Demak Tinjau Waduk Wilalung

Demak- Debit air di Waduk Wilalung yang semakin meninggi sejak sepekan terakhir kini membuat was-was warga desa di Wilalung dan sekitarnya. Kecemasan warga ditindaklanjuti Bupati Demak Eisti’anah dengan memantau langsung kondisi Waduk Wilalung di Kecamatan Gajah, Jumat (6/1).

Bupati Eisti berharap bendungan Wilalung tetap aman dan kondusif dan airnya cepat surut.

”Semoga pintu air Wilalung tetap aman dan kondusif,airnya cepat surut dan curah hujan berkurang sehingga tidak menambah besarnya debit air di Wilalung," katanya.

Dijelaskan bupati, pihaknya sudah berkoordinasi dengan balai besar sungai wilayah Pati-Juwono dan Pemerintah Kudus agar membuka sedikit pintu air yang menuju wilayah kudus agar mengurangi besarnya debit air yang menuju wilayah Mijen, karena tanggul Mijen sepekan yang lalu dikabarkan mengalami longsor.

Terkait lahan pertanian yang sering terkena limpasan air dari Sungai Lusi, pihaknya akan mempalajari dan mendata daerah di Kabupaten Demak yang kerap banjir di tiap tahunya dan kemudian melakukan normalisasi sungai agar sawah dapat produktif kembali dan tidak mengalami kebanjiran.

Sementara, Kepala Desa Wilalung Nurwito menyampaikan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan camat dan semua kepala desa untuk selalu memantau besarnya debit air yang mengalir di Waduk Wilalung.

"Desa wilalung selalu siap siaga menjaga tanggul jika debit air semakin bertambah hingga terjadi limpasan air di desa ini, saya menyiagakan satgas bencana desa untuk berjaga 24 jam memantau besarnya debit air di Waduk Wilalung karena informasi dari bendungan klambu-Puwodadi debit semakin bertambah berkisar 852,8 m3 per detiknya," jelas Nurwito.

”Waduk Wilalung masih tergolong aman, namun kami selalu siaga karena kabar dari bendungan klambu debit air bertambah sekitar 852,8 m3 perdetik sehingga akan terjadi kenaikan, agar semua kepala desa di sekitar desa Wilalung seperti Tanjunganyar, Sambiroto, dan beberapa kepala desa lainnya agar ikut bersama memantau besarnya debit air di Waduk Wilalung. Jika tanggul desa tersebut jebol akan terdampak juga," pungkasnya.