Pj Bupati OKU Ikuti Pengarahan Mendagri Soal Pengendalian Inflasi

Baturaja - Penjabat Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Teddy Meilwansyah mengikuti pengarahan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian soal pengendalian inflasi di daerah secara virtual di Ruang Vidcon Pemkab OKU, Senin (9/1).

Tito menyampaikan bahwa tantangan ekonomi dan inflasi menjadi permasalahan global, di beberapa negara di Eropa terlihat adanya kenaikan harga barang dan jasa, serta dilakukannya penghematan energi.

Dalam kesempatan ini, Tito juga mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada pihak-pihak yang berjibaku dalam melakukan pengendalian inflasi.

Tito menjelaskan, angka inflasi nasional sangat ditentukan oleh kerja pemerintah pusat dan daerah.

"Untuk itu peran pemerintah daerah sangat penting," tegasnya.

"Ini terbukti seperti yang kita ketahui bahwa pada September inflasi mencapai 5,9% dan pada Oktober turun menjadi 5,7% selanjutnya di November turun pada angka 5,42%, namun pada Desember terjadi sedikit kenaikan ke angka 5,51%, dengan hasil ini artinya kerja yang kita lakukan tidaklah sia-sia," lanjutnya.

Mengenai masalah stabilitas harga pangan, barang dan jasa, Tito mengatakan, kenaikan harga menjadi konsenterasi utama di masyarakat.

"Oleh karena itu presiden meminta agar kita semua mendukung untuk konsisten mengendalikan harga barang dan jasa sebagai indikator inflasi," pungkasnya.