Sambangi Lomba Porseni NU, Gibran Bagi-bagi Buku

Solo – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka membagikan buku tulis kepada peserta lomba mewarnai logo Nahdatul Ulama (NU) dan lomba paduan suara taman kanan-kanak (TK) di Pamedan Mangkunegaran, Senin (16/1).

Perlombaan ini termasuk dalam rangkaian kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) NU yang berlangsung 15 – 22 Januari 2023 di Solo.

Selain mendapat buku tulis, peserta lomba juga mendapat susu kotak dari Mas Wali, sapaan akrab orang nomor satu di Solo itu.

Gibran yang hadir mengenakan jersey terbaru klub Persis Solo nampak mendatangi peserta lomba mewarnai satu-persatu sembari membagikan buku.

Peserta lomba tampak girang menerima buku dari Gibran. Pun demikian dengan orang tua pendamping yang secara spontan mengajak swafoto.

“Mas, Mas Wali, foto dulu,” teriak seorang ibu kepada Gibran.

Gibran pun menjawab dengan senyum sambil mengiyakan ajakan si ibu.

Gelaran Porseni NU ini diharapkan mampu memberikan dampak yang masif terutama pada perekonomian Kota Solo.

Hal ini diungkapkan Gibran saat menghadiri Welcome Dinner yang dihelat di Pura Mangkunegaran, Minggu (15/1/2023).

“Ya, biar semua kecipratan. Banyak yang datang. Kan acaranya seminggu lebih. (Semoga) multiplier effectnya luar biasa sekali,” ucapnya.

Lomba mewarnai logo 1 abad NU diikuti 1.200 orang, sedangkan lomba paduan suara sekitar 120-an orang. Peserta paduan suara manampilkan Sholawat, lagu Ya Lal Wathan, serta Indonesia Raya.

Selain lomba, Porseni NU ini juga dimeriahkan side events, yakni festival kuliner dan bazar UMKM yang digelar di halaman Pura Mangkunegaran mulai 16 – 21 Januari 2023.

Puncaknya, Minggu (22/1) akan dilaksanakan Jalan Sehat menuju 1 abad NU yang akan diikuti pelajar, santri, dan mahasiswa mulai pukul 05.30 WIB yang diikuti 47.250 peserta se-Jateng dan DIY.