Pimpin Apel Pagi, Pj Bupati Jayapura Tekankan Beberapa Hal kepada Inspektorat

Sentani - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo memimpin apel pagi pekan kedua Januari 2023 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, di lapangan apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Senin (16/1).

Dalam apel pagi ini, Pj Bupati Triwarno menekankan beberapa hal penting yang harus dilakukan Inspektorat dalam pengawasan APBD Tahun Anggaran 2023 dan wajib didukung oleh seluruh OPD di lingkungan Pemkab Jayapura.

Triwarno berharap Inspektorat harus mampu memberikan keyakinan yang memadai atas kepatuhan, efisiensi dan juga efektivitas pencapaian tujuan pelaksanaan tugas dan fungsi di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Beberapa hal yang penting yang harus dilakukan Inspektorat yakni, harus memberikan pencegahan dini, peringatan dini dan meningkatkan asas manajemen resiko atas penyelenggaraan tugas dan fungsi SKPD, serta kita tingkatkan tata kelola pemerintahan yang baik," tegas Triwarno.

Lanjutnya, Inspektorat dalam me-review segala laporan perencanaan dan laporan keuangan. Kemudian, tugas-tugas Inspektorat dalam memeriksa pengelolaan kas bendahara, pemeriksaan SPJ fisik, pemeriksaan kinerja, pemeriksaan pengadaan barang dan jasa.

"Sementara fungsi Inspektorat adalah sebagai tempat konsultasi di dalam kita melakukan pengelolaan keuangan, pengadaan barang/jasa dan juga tata kelola Dana Desa itu harus kita manfaatkan dengan benar, sehingga apa yang kita laksanakan benar-benar di dalam koridor aturan," ujarnya.

Selain itu, Pj Bupati Triwarno juga menekankan, apa yang dikerjakan di dalam mengejar mengisi MCFP itu, nanti Inspektorat tolong sosialisasikan.

"Sekali lagi saya tekankan, Inspektorat harus meningkatkan manajemen resiko atas pengelolaan anggaran tahun 2023, juga harus mampu berkontribusi dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, harus mampu menjamin nilai MCFP (Monitoring Center for Prevention) yang baik, harus berbanding lurus dengan perubahan perilaku ASN yang baik pula," tegasnya.

"Saya harap Inspektorat mampu berperan dalam memberikan edukasi tentang pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan, pengadaan barang dan jasa, serta tata kelola dana desa," tukas mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Keerom itu.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan DPA Tahun Anggaran 2023 kepada Kepala Perangkat Daerah lingkungan Pemkab Jayapura dengan tujuan agar semua program dan kegiatan yang ada dan telah direncanakan oleh masing-masing Perangkat Daerah dapat dilaksanakan dengan baik.

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Hana S. Hikoyabi, para Asisten, Kepala Perangkat Daerah, sejumlah Kepala Distrik dan seluruh ASN lingkup Pemkab Jayapura.