Pemkab Demak Bertekad Wujudkan Sapta Pesona Pariwisata

Demak – Sekretaris Dinas Pariwisata Kurnia Zauharoh menyampaikan, Sapta Pesona Pariwisata merupakan unsur penting pada desa wisata atau pariwisata. Sapta Pesona Pariwisata berlambang matahari yang memiliki tujuh unsur yakni keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan dan kenangan.

“Ketujuh unsur sapta pesona harus dapat diciptakan agar dapat menimbulkan suasana indah dan mempesona, khususnya di tempat objek wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan. Dalam pariwisata tidak boleh luput dari ketujuh unsur tersebut,” kata Kurnia saat menjadi narasumber talkshow bersama Kabid Promosi dan Pemasaran Ardhito Prabowo di studio Radio Suara kota Wali (RSKW) 104.8 FM, Selasa (17/1).

Menurutnya, jika salah satu unsur tidak ada, misalnya aman pasti tidak akan nyaman. Karena tujuan dari aman adalah untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi wisatawan dan berlangsungnya kegiatan kepariwisataan, sehingga wisatawan tidak merasa cemas dan dapat menikmati kunjungannya.

Sementara dalam kesempatan tersebut, Kabid Promosi dan Pemasaran Ardhito Prabowo mengajak masyarakat serta wisatawan yang berkunjung dapat bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan.

"Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut sadar dan bertanggungjawab menjaga kebersihan didestinasi wisata yang akan di tuju, baik di Demak maupun di wisata lainnya, sehingga sapta pesona ini bisa terjaga dengan baik, " kata Prabowo.

Dirinya juga mencontohkan pada unsur kebersihan. Upaya yang telah dilakukan Dinparta Kabupaten Demak yakni para wisatawan di beri tanggung jawab untuk membayar dana biaya kebersihan atau retribusi sampah. Harapannya, para wisatawan ikut merawat menjaga kebersihan yang ada.

“Retribusi sampah digunakan untuk membayar petugas yang menangani penanganan sampah agar kebersihan bisa terjaga,” pungkasnya.