Ganjar Kunjungi Desa Prampelan Sayung Demak, Dorong Semangat Tangani Stunting

Demak - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan bersepeda mengunjungi Desa Perampelan dalam kegiatan pemberdayaan kelompok masyarakat di Kampung KB.

Bupati Demak Eisti'anah dan Sekretaris Daerah Akhmad Sugiharto menyambut langsung kunjungan Ganjar Pranowo di gedung serbaguna Desa Prampelan, Kecamatan Sayung. Senin (23/1).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Ganjar bersama Bupati Demak Eisti'anah, memberikan bantuan kursi roda dan kaki palsu bagi penyandang disabilitas, bantuan sembako kepada ibu hamil, dan bantuan recreation kit untuk anak pascabencana.

Ganjar berpesan kepada Camat Syaung Sukarman dan Kepala Desa Prampelan Muhammad Qoif, agar dapat mendata mulai dari data ibu hamil, kemudian mencatat ibu hamil serta apa saja masalah dan risikonya agar segera dilaporkan kepada bidan untuk peninjauan lebih lanjut.

"Ini PR (pekerjaan rumah) untuk Kepala Desa prampelan ya pak, yang utama itu data. Catat data semuanya mulai data ibu hamil yang terkena stunting berapa, serta apa masalah masing-masing ibu hamil. Saya juga minta untuk bapak camat Sayung agar dapat memantau perkembangannya, termasuk data angka kemiskinan," kata Ganjar.

"Dengan demikian data jumlah orang miskin yang ada di desanya tercatat dengan jelas mana yang tergolong miskin non ekstrem dan miskin ekstrem. Sehingga apabila ada program nantinya bisa membuat program menjadi satu kesatuan dan terpantau semuanya. Itu akan menjadi mudah ketika kita sudah mempunyai datanya dengan lengkap," tegas Ganjar.

Sementara itu, Bupati Demak Eisti'anah, dalam sambutannya menyampaikan, selamat datang kepada gubernur Jawa Tengah beserta rombongan di Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) Desa Prampelan, Kecamatan Sayung.

"Mudah-mudahan dengan rawuhnya bapak di sini dapat semakin memotivasi dan menambah semangat dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Demak, diantaranya melalui percepatan penurunan stunting," kata Eisti.

Selanjutnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Bupati Demak Eisti'anah serta rombongan menyempatkan diri meninjau Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), meliputi tenda pemeriksaan status gizi balita dan posyandu, tenda kelas ibu hamil, tenda trauma healing anak pasca bencana dan tenda pemberian tablet tambah darah serta pengukuran HB atau lat pengukur kadar hemoglobin pada remaja putri.