Jelang Hari Jadi ke-448, Plt Bupati dan Forkopimda Ziarah ke Makam Leluhur

Pemalang - Seperti yang telah dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya, menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Pemalang dilakukan ziarah kubur dan doa bersama di sejumlah makam para leluhur.

Pada peringatan ke-448 tahun 2023, Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat, bersama Forkopimda dan para Ulama serta Ketua TP PKK Shanti Rosalia melakukan ziarah di Pesarean Agung Soeronatan Kauman Pemalang di belakang Masjid Agung Nurul Kalam Kauman Pemalang, Senin (23/1).

Mansur Hidayat menyampaikan, kegiatan ziarah merupakan tradisi yang dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Pemalang.

Ziarah kubur ke makam para leluhur kata Mansur merupakan bagian dari bentuk rasa syukur atas bertambahnya usia Kabupaten Pemalang yang sekarang sudah memasukii ke-448.

Ziarah kubur dilakukan untuk mendoakan arwah para leluhur yang telah berjasa meletakan dasar- dasar yang kokoh dalam penyelelenggaraan pemerintah daerah serta penanaman nilai- nilai luhur dalam kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Pemalang.

Bupati berharap ziarah yang laksanakan hari ini tidak hanya dimaknai sebagai rutinitas serimonial belaka namun dapat dijadikan sebagai momentum untuk meneladani perjuangan yang telah dilakukan oleh para leluhur Kabupaten Pemalang.

Agenda ziarah kubur ke makam para leluhur Pemalang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pemalang di sejumlah tempat, antara lain di Makam Suronatan, Makam Syech Jamur Apu dan Pangeran Benowo Penggarit, Makam Pagaran, Makam Raden Mengoneng, Makam Sigeseng, Makam Syech Maghribi, Makam Syech Hadiyana Natasangin, Makam Denmas Agung, Makam Purbaya, dan di Makam Sambung Yudo, dipimpin oleh para Kepala Dinas, Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekda.