Pemkab Jayapura Siapkan Dua Tempat Tampung Hasil Petani

Sentani - Pemerintah Kabupaten Jayapura siap menyerap hasil produksi pangan lokal para petani. Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan dua lokasi khusus untuk menampung hasil produksi petani lokal di Kabupaten Jayapura.

"Titik penampungan hasil produksi petani itu rencanannya akan ditempatkan di Pasar Nimbokrang dan Pasar Pharaa Sentani," kata Ketua Tim Ekonomi Pemkab Jayapura Edi Susanto di kantor bupati, Senin (13/7).

Selain itu, tambahnya, sebagai tempat penampungan dua titik ini juga dijadikan sebagai tempat pemasaran hasil produski pertanian.

“Pertama di wilayah 3 dan 4 itu di Pasar Nimbokrang, hasil produksi masyarakat tampung di situ dan mungkin kita distribusi ke Kota Sentani maupun di tempat tempat membutuhkan lainnya. Sementara wilayah 1 dan 2 bisa menggunakan Pasar Pharaa dan juga dipersiapkan Pasar Doyo," katanya.

Pihaknya pun akan mencoba berkoordinasi dengan PHRI agar hasil produksi para petani lokal ini bisa ditampung oleh pihak hotel namun sesuai dengan kualitas yang diinginkan.

“Sayur sayuran kita akan coba bicarakan dengan PHRI, mudah mudahan mereka bisa menampung hasil produksi itu. Kami minta ditampung dengn kualitas yang diinginkan. Untuk itu petugas PPL pertanian mendampingi para petani dalam meningkatkan kualitas hasil produksinya," katanya.

Edy menyebutkan, untuk menyerap hasil produksi para petani lokal ini, Dinas TPH Kabupaten Jayapura sudah menjadwalkan menggelar Pasar Tani dua kali sepekan yakni pada Senin dan Jumat di kawasan Gunung Merah Sentani.